Jokowi Guyon ke Prabowo Soal Menteri Nyaleg dan Nyapres: Khusus Ini Tanyakan ke Pak Prabowo

Jokowi Guyon ke Prabowo Soal Menteri Nyaleg dan Nyapres: Khusus Ini Tanyakan ke Pak Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi saat berada di dalam MRT. --Istimewa

Jokowi Guyon ke Prabowo Soal Menteri Nyaleg dan Nyapres - Jelang Pemilu 2024, sejumlah menteri dan wakil menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ada yang mendaftar menjadi caleg dan ada juga yang namanya disebut akan menjadi capres dan cawapres.  

Jokowi secara tegas mengatakan, para menteri yang maju sebagai calon anggota legislatif maupun calon presiden dalam Pemilu 2024 harus menaati regulasi.

"Yang paling penting tidak melanggar aturan, tidak melanggar undang-undang, nyaleg diperbolehkan, tetapi tugas juga tidak boleh ditinggalkan," kata Jokowi, Senin 15 Mei 2023.

Diketahui sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang menajdi pembantu Jokowi menjadi caleg dalam Pemilu 2024.

BACA JUGA:Jokowi Ancam Reshuffle Menteri yang Nyaleg

"Nanti akan ada evaluasi, dievaluasi. Kalau memang dirasa mengganggu, diganti, biar konsentrasi pada nyaleg-nya, misalnya," ucap Jokowi. 

Untuk menteri yang menjadi capres, Jokowi juga menganjurkan agar mengambil cuti.

"Menteri yang nyapres juga sama. Kalau memang waktunya untuk kampanye kurang, ya, lebih baik cuti. Saya kira yang penting jangan melanggar regulasi, jangan melanggar undang-undang. Khusus yang ini tadi nanti tolong juga ditanyakan kepada Pak Prabowo," kata Jokowi sambil tertawa karena Presiden ada di sebelahnya.

Nama Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diusulkan oleh Partai Gerindra yang berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menjadi capres.

BACA JUGA:Jokowi Ancam Reshuffle, Golkar Pastikan Tak Ada Menterinya yang Masuk Daftar Caleg

Sejumlah nama yang diketahui ikut maju adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang maju di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang.

Selanjutnya Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah akan nyaleg lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Dapil Jakarta II yang mencakup Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar yang juga akan menjadi caleg pada Pemilu Anggota DPR RI 2024 melalui PKB

PDI Perjuangan juga mendaftarkan nama Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly sebagai caleg pada Pemilu 2024. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: