Sudah Dapat Subsidi Rp20 Jutaan, Harga Wuling Air EV Sekarang Jadi Segini

Sudah Dapat Subsidi Rp20 Jutaan, Harga Wuling Air EV Sekarang Jadi Segini

Wuling Air ev Long Range, Image Credit: Wuling--

Harga Wuling Air ev Setelah Subsidi - Pemerintah memberikan subsidi terhadap mobil listrik. Hal itu dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem mobil listrik di Indonesia. 

Wuling Air ev menjadi salah satu dari mobil listrik yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. Setelah dihitung-hitung dengan adanya subsidi itu harga Wuling Air ev paling banyak dipotong Rp 26 jutaan.

Mobil listrik Wuling Air ev memenuhi syarat pemerintah untuk diberikan insentif PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Sebagai mobil listrik buatan Cikarang, Wuling Air ev tercatat memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40,04 persen, sekaligus memenuhi persyaratan nilai TKDN minimal.

Untuk itu per 1 April hingga Desember 2023, konsumen Wuling Air ev hanya akan dibebankan PPN sebesar 1 persen. Sedangkan 10 persen sisanya akan ditanggung oleh pemerintah.

BACA JUGA:

Pemberian subsidi berupa insentif PPN itu rupanya cukup berpengaruh terhadap harga Wuling Air ev. Sesuai skema penghitungan PPN dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 38 tahun 2023 tentang PPN atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah tahun anggaran 2023, Wuling Air ev bakal mendapat potongan hingga Rp 20 jutaan.

Untuk diketahui, Wuling Air ev Standard Range saat ini dibanderol Rp 243 juta. Artinya dengan potongan Rp 21 jutaan, maka harga jualnya menjadi Rp 222 jutaan. 

Kemudian untuk Wuling Air ev Long Range sekarang harganya Rp 299,5 juta. Dengan subsidi, maka harga Wuling Air ev menjadi sekitar Rp 273 jutaan.

Adapun harga subsidi itu berlaku hingga Desember 2023. Dalam periode tersebut, produsen yang ikut program dilarang menaikkan harga. Sementara sementara dari sisi konsumennya, tidak dibatasi misal harus pelaku usaha UMKM atau apapun. 

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: