Apa itu Mental Health? Mengapa Penting untuk Kesejahteraan Psikologismu

Apa itu Mental Health? Mengapa Penting untuk Kesejahteraan Psikologismu

Apa Itu Mental Health, Image oleh WOKANDAPIX dari Pixabay --

Apa itu Mental Health? Mengapa Penting untuk Kesejahteraan Psikologismu - Mental health atau kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan psikologis, emosional, dan sosial seseorang. 

Jadi apa itu mentah health? Menurut Alodokter, Kesehatan mental berpengaruh terhadap bagaimana seseorang berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan orang lain.

Kesehatan mental perlu dijaga karena dapat memengaruhi kesehatan fisik dan kualitas hidup seseorang. 

BACA JUGA:Ramalan Shio Kelinci Air Tahun Ini: Waspada Kesehatan Mental

Orang dengan kesehatan mental yang baik dapat beraktivitas secara produktif, berpikir positif, bergaul dengan baik, dan memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Namun, ada banyak faktor yang dapat mengganggu kesehatan mental seseorang, seperti faktor keturunan, trauma masa lalu, pelecehan seksual atau fisik, gaya hidup yang tidak sehat, cedera pada otak, hingga pandemi COVID-19.

Gangguan kesehatan mental atau mental illness adalah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya. 

Gangguan ini bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu psikotik dan nonpsikotik.

BACA JUGA:Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental, Rahasia Hidup Bahagia

Psikotik adalah gangguan mental yang membuat penderitanya sulit membedakan realita dan mengalami halusinasi atau delusi. 

Contohnya adalah skizofrenia dan gangguan bipolar dengan gejala psikotik.

Nonpsikotik adalah gangguan mental yang tidak membuat penderitanya mengalami gangguan realita, tetapi mengalami gangguan perasaan atau pola pikir yang tidak sesuai dengan norma. Contohnya adalah gangguan kecemasan dan depresi.

Jika Anda merasa mengalami gangguan kesehatan mental atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang topik ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikolog melalui aplikasi telemedicine, salah satunya Alodokter.

BACA JUGA:Traveling Bisa Jadi Alat Healing, Penting untuk Kesehatan Mental

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: