BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Jalur Penyeberangan Bali

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Jalur Penyeberangan Bali

Ilustrasi - Gelombang Tinggi--(Pixabay)

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Jalur Penyeberangan Bali - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengingatkan masyarakat agar waspada dengan adanya potensi gelombang tinggi di sejumlah jalur penyeberangan di Bali mencapai hingga 2,5 meter.

“Waspadai potensi peningkatan kecepatan angin serta tinggi gelombang laut yang dapat mencapai dua meter atau lebih,” kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, dilansir Antara, Sabtu, 13 Mei 2023.

BACA JUGA:KTT ASEAN, BMKG Pastikan Sistem Peringatan Dini Tsunami dan Gempa di Labuan Bajo Berfungsi Baik

Menurut BMKG, potensi peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut dua meter atau lebih itu diperkirakan terjadi di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudera Hindia selatan Bali.

BMKG menganalisis kondisi cuaca tersebut disebabkan oleh suhu muka laut berkisar 26-30 derajat celcius yang hangat dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air.

Selain itu, massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 milibar atau 1.500 meter.

Berdasarkan pengamatan BMKG pada 13-14 Mei 2023, ketinggian gelombang laut hingga 2,5 meter atau kategori sedang itu berpotensi di jalur penyeberangan Padangbai-Lembar, Sanur-Nusa Penida, Kusamba-Nusa Penida, dan Padangbai-Nusa Penida.

Jalur penyeberangan itu berada di Selat Badung dan Selat Lombok dengan perkiraan kecepatan angin mencapai hingga 15 knot yang bergerak dari timur-tenggara.

BACA JUGA:Sedia Payung Sebelum Hujan! BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Jabodetabek Hari ini Diguyur Hujan

Sedangkan jalur penyeberangan Gilimanuk-Ketapang diperkirakan tinggi gelombang lautnya mencapai hingga 1,25 meter dengan kecepatan angin hingga 15 knot yang bertiup dari tenggara-barat daya.

Sementara itu, di Pelabuhan Benoa diperkirakan ketinggian gelombang laut mencapai hingga 2,5 meter dengan kecepatan angin diperkirakan hingga 15 knot dari timur-tenggara.

Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan di Jembrana juga diperkirakan ketinggian gelombang laut mencapai hingga 2,5 meter dengan kecepatan angin diperkirakan hingga 15 knot dari timur-barat daya.

Selain itu, di Pelabuhan Celukan Bawang di Kabupaten Buleleng diperkirakan gelombang laut hingga 1,25 meter dengan kecepatan angin mencapai hingga 10 knot dari tenggara-barat daya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: