Ritual Thudong, Puluhan Biksu Jalan Kaki dari Bekasi Menuju Candi Borobudur

Ritual Thudong, Puluhan Biksu Jalan Kaki dari Bekasi Menuju Candi Borobudur

Sebanyak 32 biksu berangkat melakukan perjalanan ke Candi Borobudur-Tahta Aldo-

Ritual Thudong - Sebanyak 32 biksu berangkat melakukan perjalanan ke Candi Borobudur, untuk laksanakan ritual thudong lintas negara menyambut Hari Raya Waisak 2023.

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Kota Bekasi Ronny Hermawan mengatakan, 32 biksu akan berjalan kaki dari Kota Bekasi sampai Borobudur Jawa Tengah.

"32 biksu atau bhante berjalan kaki dari Thailand, kemudian ke Malaysia, Singapura, dan ke Indonesia. Finishnya tanggal 4 Juni nanti saat Perayaan Waisak di Candi Borobudur," kata Ronny Hermawan, Jumat 12 Mei 2023.

Menurutnya, puluhan biksu yang berjalan kaki hingga puluhan ribu kilometer sampai Borobudur, mempunyai tujuan beribadah religi.

BACA JUGA:Peringatan Tahun Kreatifitas dan Inovasi Sedunia 2023

Mereka berjalan dari satu titik ke titik yang lainnya, untuk membangun rasa persaudaraan dan perdamaian umat manusia di dunia.

"Tudhong itu merupakan perjalan religi, tapi ditempuh dengan cara jalan kaki, jadi lintas agama ini, biksu juga mampir ke tokoh agama lain dalam rangka membangun persaudaraan dan perdamaian dunia," ucapnya.

Ronny Hermawan menjelaskan, dari 23 biksu yang laksanakan ritual thudong terdapat 1 orang biksu indonesia yang merupakan orang Cirebon Jawa Barat.

"Ini menunjukan bahwa indonesia itu adalah negara yang damai, indonesia adalah negara yang menerima siapa saja, dari kelompok agama mana saja bahkan yang minoritas sekali pun seperti agama budha disambut dengan hangat di indonesia," ungkapnya.

BACA JUGA:Bingung Apa Itu Internship? Simak Pengertian dan Manfaatnya di Sini

Dari pantauan langsung fin.co.id siang hari ini, 32 Biksu berangkat dari Kota Bekasi dikawal dengan kendaraan ambulance lengkap dengan petugas kesehatan.

Nantinya para Biksu akan berjalan kaki hingga Borobudur Jawa Tengah dan kini, rombongan telah memasuki wilayah Cikarang Barat Kabupaten Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: