Bus Masuk Jurang Guci Tegal, Menparekraf Sandiaga Uno Turunkan Tim Khusus

Bus Masuk Jurang Guci Tegal, Menparekraf Sandiaga Uno Turunkan Tim Khusus

Proses evakuasi kecelakaan bus masuk sungai di kawasan Wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah-ist-ist

Bus Masuk Jurang Guci Tegal, Menparekraf Sandiaga Uno Turunkan Tim Khusus - Kasus kecelakaan bus pariwisata yang terperosok ke jurang di kawasan wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah mendapat perhatian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Dia pun telah menurunkan tim dan staf ahli terkait musibah yang mengakibatkan 2 orang meninggal pada Minggu, 7 Mei 2023.

Dijelaskannya, insiden terperosoknya bus ke jurang di kawasan wisata Guci, harusnya dapat dihindari jika standard operating procedure (SOP) dipatuhi dan tersosialisasi dengan baik.

"Musibah ini harusnya bisa dihindari jika kita memiliki prosedur yang secara disiplin, tersosialisasi dengan baik dan dipatuhi oleh para penyelenggara kegiatan transportasi dan fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya, Senin, 8 Mei 2023.

BACA JUGA:

Menindaklanjuti insiden tersebut, dirinya mengaku telah menugaskan staf ahli manajemen krisis untuk berkoordinasi dan memastikan sosialisasi lintas lembaga dan pemerintah daerah (pemda).

Pihaknya pun mewanti-wanti, agar insiden ini tidak terulang kembali ke depannya.

"Jangan sampai ini terulang kembali, apalagi untuk kecelakaan yang bisa dihindari seperti ini," tambahnya.

Sandiaga turut menyontohkan bus pariwisata di luar negeri yang tidak meninggalkan armadanya saat penumpang masih ada di dalamnya.

 BACA JUGA:

"Kami naik bus pariwisata di sana (luar negeri) itu selalu sopir selalu ada di dalam bus dan dia tidak akan meninggalkan bus kalau misalnya belum kosong busnya, misalnya standar seperti itu yang diterapkan," tambahnya.

Pihaknya pun turut menyesalkan insiden yang menelan korban jiwa dan luka-luka ini, serta menyampaikan bela sungkawa dan doa bagi para korban luka.

"Kita berikan doa terbaik, semoga husnul khotimah dan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, keluarga diberikan ketabahan dan untuk korban yang masih dirawat semoga segera pulih dan kembali bisa beraktivitas setelah kembali sehat," tutupnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: