Momen Said Iqbal Membungkuk 90 Derajat Cium Tangan Ganjar Pranowo, Tidak Sesuai Idealisme Kaum Buruh?

Momen Said Iqbal Membungkuk 90 Derajat Cium Tangan Ganjar Pranowo, Tidak Sesuai Idealisme Kaum Buruh?

Said Iqbal cium tangan Ganjar Pranowo-Viral-

Said Iqbal Tunduk Cium Tangan Ganjar Pranowo-  Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal jadi perbincangan di media sosial. Pasalnya, sebuah foto dan video terlihat Said Iqbal membungkuk 90 derajat dan mencium tangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Momen itu terjadi saat hari buruh yang diperingati pada Senin 1 Mei 2023 kemarin.

Saata itu ratusan buruh bersama dengan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani dan Said Iqbal mendatangi kantor perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Jakarta. 

Ganjar Pranowo menerima kedatangan mereka. Ganjar lalu menyalami satu per satu pimpinan kaum buruh. 

Ganjar salami Andi Gani dengan salaman biasa pada umumnya. Ketika sampai ke Said Iqbal, ketua Umum Partai Buruh ini sampai menunduk 90 derajat. 

Saking tunduknya sampai seolah terlihat Said Iqbal menarik tangan Ganjar ke bawah bersama dengan kepalanya yang menunduk. 

Aksi itu viral dan menuai respon beragam dari netizen. Salah satu netizen mengatakan, Ganjar dan Said Iqbal sama sama bependidikan yang sama. Namun umur, malah lebih tua Said Iqbal. 

BACA JUGA:

"Pendidikan sama-sama S2, kelahiran sama-sama 1968, malah tuaan Said Iqbal beberapa bulan. Benar-benar jiwa penjilat ini si Said," kata akun twitter @Boediantar4.

Sementara akun Twitter @HelmiFelis_ menulis bahwa foto tersebut tidak sesuai dengan idealisme kaum buruh. 

"Said Iqbal harus malu, fotonya mencium tangan Ganjar bukti kuat 'ketaatan' pada kekuasaan. Hal itu tidak sejalan dengan idealisme Buruh," tulis @HelmiFelis_

"Dalam dunia politik, buruh adalah 'darah biru' organisasinya mendunia sejak 1919. Jangan manfaatkan buruh untuk kepentingan pribadi," lanjut dia. 

Memanggapi itu, Said Iqbal mengatakan, apa yang dia lakukan tidak salah. Dia sebut itu soal adab. 

."Tentang adab dan akhlak. Itulah ajaran umi dan waled saya," ujarnya dilansir dari Republika.co.id. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: