Kementerian PUPR Dukung Transformasi BUMN Karya, Dorong Penerapan GCG Terus Ditingkatkan

Kementerian PUPR Dukung Transformasi BUMN Karya, Dorong Penerapan GCG Terus Ditingkatkan

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan yang juga Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Kementerian PUPR Dukung Transformasi BUMN Karya - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung transformasi perusahaan BUMN Karya dalam rangka menjalankan penugasan negara untuk pembangunan infrastruktur.

Kementerian PUPR juga terus mendorong penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap operasi yang dijalankan BUMN Karya. 

 "Kami pasti mendukung proses transformasi itu," ujar Juru bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja di Jakarta, dilansir Antara, Selasa 2 Mei 2023. 

Menurut Endra, transformasi BUMN Karya tersebut membutuhkan kesepakatan dan keputusan akhir di level kabinet. 

"Kami mendorong proses tata kelola yang lebih baik. BUMN Karya ini menjalankan tugas negara," katanya.

BACA JUGA:

  1. Mudik Idulfitri 1444 H: Kementerian PUPR Fungsionalkan 6 Ruas Tol di Jawa dan 4 di Sumatera
  2. Menteri PUPR Usulkan Diskon Tarif Tol Libur Lebaran, Basuki: Mereka Sedang Hitung

Penugasan kepada BUMN karya itu berarti ada misi negara yang dititipkan kepada BUMN. Endra mengatakan, jika tidak ada penugasan khusus kepada BUMN Karya untuk pembangunan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, tidak mungkin bisa melihat mudik yang aman dan lancar pada Lebaran 2023.

"Itu merupakan penugasan jadi ada kebijakan negara, namun di balik hal tersebut ada tata kelola yang harus lebih baik," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir tidak berencana melakukan merger (penggabungan) ataupun pembentukan holding (induk usaha) BUMN Karya, melainkan membentuk spesialisasi masing-masing BUMN Karya itu.

Basuki mengatakan, belum mengetahui rencana detail transformasi BUMN Karya yang akan dilakukan Kementerian BUMN. Namun, dia dan Erick memang telah menjalin komunikasi setelah muncul wacana transformasi BUMN Karya.

BACA JUGA:

  1. Cetak Laba Rp497,6 Miliar, Kinerja Jasa Marga Kuartal I-2023 Positif
  2. Arus Balik Lebaran, Jasa Marga Diskon 20 Persen Tarif Tol Semarang - Jakarta

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pihaknya akan terus mendorong penyehatan BUMN Karya. Kementerian BUMN sudah memiliki peta jalan atau roadmap untuk mentransformasi BUMN karya.

Menurut Erick, pihaknya memperbaiki portofolio dan melakukan re-grouping, serta konsolidasi agar BUMN-BUMN karya bisa memiliki spesialisasi dan keahlian sejalan dengan regulasi industri konstruksi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Bukan bisnis yang generalis apalagi palugada. Erick juga menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur serta peran pemerintah dan swasta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: