Penyebab Kebakaran Trans Studio Makassar Akibat Lampu Both Foto Menyala Terus Menerus

Penyebab Kebakaran Trans Studio Makassar Akibat Lampu Both Foto Menyala Terus Menerus

Tim gabungan berusaha membuka jalur masuk ke Trans Studio Mal (TSM) untuk menyelamatkan korban yang terjebak di dalam untuk dievakuasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (24/4/2023). malam ANTARA Darwin Fatir.--

Penyebab Kebakaran Trans Studio Makassar - Penyidik Polrestabes Makassar memeriksa tujuh saksi usai kebakaran Trans Studio Mal (TSM) Makassar.

Pemeriksaan tersebut untuk memastikan penyebab kebakaran Trans Studio Makassar yang terjadi pada Senin malam, 24 April 2023.

"Penyidik telah memeriksa terhadap tujuh orang saksi yang menyaksikan pada saat kejadian termasuk staf TSM, " ujar Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib, Rabu 26 April 2023.

Selain memeriksa tujuh orang saksi-saksi, tim Reskrim Polrestabes dan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel juga telah melaksanakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna mengetahui penyebab pasti kebakaran Trans Studio Makassar.

BACA JUGA:Kisah Heroik saat Kebakaran Trans Studio Mal Makassar, Berhasil Selamatkan Anak Kecil

"Hasil olah TKP adalah sumber api dari terowongan both foto akibat lampu menyala terus menerus mempengaruhi bunga kertas hingga menimbulkan kebakaran," katanya.

Saat ditanyakan bagaimana hasil penyelidikan terkait tidak adanya alat pemadam kebakaran ringan (APAR) maupun sprinkle atau alat pemadam di atas plafon diduga tidak berfungsi saat kejadian, kata dia berdalih, masih dalam proses penyelidikan.

"Jadi begini, untuk mengarah ke sana, kita fokus dulu sebab-sebab dari pada kebakaran itu. Untuk ke sana nanti dilihat Labfor," kata mantan Kapolrestabes Palembang ini kepada wartawan.

Kemudian apakah ada ditemukan indikasi kelalain atas musibah kebakaran itu maupun sistem kelistrikan karena disebabkan arus pendek atau korsleting, kapolres menyatakan sejauh ini belum ditemukan adanya dugaan kelalaian saat kejadian.

BACA JUGA:Relawan Ganjar Presiden Kita Terbentuk Setelah PPP Mengusung Ganjar Jadi Capres 2024

"Belum (ada kelalaian). Sudah aman (jaringan listrik). Kemarin sudah dinyalakan (listrik) aman. Kita juga sudah buka police line untuk ada perbaikan dari pihak TSM agar diaktifkan (beroperasi) kembali," paparnya.

Mengenai apakah ada mengarah tersangka dalam kasus kebakaran itu, kata dia, belum ada, dan masih fokus pada penyebab kebakaran.

Sebelumnya, musibah kebakaran awalnya terjadi di lantai satu TSM pada Senin (24/4) malam sekitar pukul 18.00 Wita. 

Dari rekaman video viral, Both foto menara Eiffel dan dekorasi bangunan bunga-bunga terbuat dari kertas di lantai satu terpapar panas lampu diduga korsleting listrik hingga menimbulkan asap.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: