Macet Total, Hindari Arah Puncak Bogor Hingga Esok! Kepadatan Jalur Cianjur Diprediksi Meningkat

Macet Total, Hindari Arah Puncak Bogor Hingga Esok! Kepadatan Jalur Cianjur Diprediksi Meningkat

Jalur Pucak, Cianjur, Jawa Barat, sempat macet total selama 24 jam pada hari kedua lebaran karena tingginya volume kendaraan pemudik berbaur dengan wisatawan dengan tujuan objek wisata. (ANTARA/Ahmad Fikri)--

Kemacetan Puncak Bogor - Polres Cianjur mengimbau pengendara yang hendak balik dengan tujuan Bogor, Jakarta dan sekitarnya menghindari jalur arah Puncak. 

Diperkirakan, arus kendaraan di jalur puncak akan meningkat pada H+2 Lebaran berbaur dengan wisatawan yang hendak berlibur.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Anaga Budiharso mengatakan, volume kendaraan yang melintas di jalur Cianjur mengalami peningkatan cukup tajam sejak hari pertama Lebaran. 

Peningkatan kendaraan tersebut didominasi kendaraan roda empat dari arah Bogor arah ke Cianjur.

BACA JUGA:Macet Parah! Kendaraan Menuju Puncak Dialihkan Keluar Bogor Melalui GT Bogor 1 KM 40

"Pada hari kedua Lebaran, kendaraan pemudik yang terlambat pulang kampung berbaur dengan kendaraan pendatang, wisatawan dan warga lokal, sehingga menyebabkan antrean panjang kendaraan bahkan macet total hingga berjam-jam," katanya.

Ia memperkirakan kepadatan arus di jalur Cianjur akan terus meningkat hingga akhir pekan mendatang dan puncaknya pada Rabu (26/4) sehingga pengendara dengan tujuan Bogor dan sekitarnya dari arah Cianjur dapat mengambil jalur Jonggol dan Sukabumi.

Kedua jalur tersebut tergolong ramai lancar selama arus balik sehingga pengguna jalan lebih baik mengambil jalur tersebut untuk sampai tempat waktu ke perantauan di Jabodetabek.

"Kami bersama Polres Bogor terus berkoordinasi untuk melakukan antisipasi agar jalur Puncak tidak kembali macet total seiring tingginya volume kendaraan, terutama puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada Rabu," katanya.

BACA JUGA:Puncak Macet Total, Puluhan Ribu Kendaraan Terjebak 8 Jam dengan Panjang 18 Km

Dilansir dari Antara, di jalur Jonggol arus kendaraan yang melintas terlihat cukup tinggi, namun tetap berjalan lancar dari kedua arah menuju Cianjur atau sebaliknya menuju Jonggol.

Puluhan petugas di jajaran polsek disiagakan di sejumlah titik untuk mengatur kelancaran arus kendaraan yang melintas.

Beberapa orang pengendara yang ditemui mengatakan mematuhi anjuran petugas untuk tidak melintas di jalur Puncak yang sehari sebelumnya mengalami macet total hingga 24 jam. 

Bahkan mereka juga mendapat informasi dari keluarga yang memaksakan diri masuk jalur Puncak.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: