Puncak Macet Total, Puluhan Ribu Kendaraan Terjebak 8 Jam dengan Panjang 18 Km

Puncak Macet Total, Puluhan Ribu Kendaraan Terjebak 8 Jam dengan Panjang 18 Km

Ilustrasi kemacetan. (ist)--

Puncak Macet Total - Puluhan ribu kendaraan terjebak macet di jalur mudik Puncak, Cianjur, Jawa Barat. 

Kemacetan di Puncak Bogor dengan ekor antrean sekitar 18 kilometer tidak bergerak selama delapan jam. 

Kemacetan di jalur Puncak tersebut karena padatnya kendaraan khususnya roda dua keluar masuk jalur di wilayah hukum Bogor.

Dilansir dari Antara, di jalur utama Puncak antrean kendaraan menuju arah Bogor dan seterusnya sudah terlihat sejak Senin siang.

BACA JUGA:Kisah Heroik saat Kebakaran Trans Studio Mal Makassar, Berhasil Selamatkan Anak Kecil

Sehingga petugas sempat melakukan sistem buka tutup satu arah dari Bogor menuju Cianjur, namun sistem tersebut tidak membuahkan hasil.

Antrean kendaraan dari kedua arah terus memanjang, bahkan perpanjangan waktu sistem satu arah dari Cianjur menuju Bogor diterapkan petugas hingga Senin malam, namun kembali upaya tersebut tidak dapat mencairkan antrean yang memanjang hingga belasan kilometer.

Puluhan ribu kendaraan roda empat terjebak hingga delapan jam di jalur utama Puncak-Cianjur, dengan laju kendaraan tidak bergerak ditambah sejak sore hingga malam hujan turun deras, sehingga kepolisian menutup jalur menuju Puncak dari arah Cianjur tepatnya dari Bundaran Tugu Lampu Gentur-By Pass.

Petugas mengarahkan kendaraan dengan tujuan Bogor dan Jakarta, untuk mengambil jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi dari arah Bandung-Cianjur, sebagai upaya mengantisipasi macet total terus memanjang dan tidak bergerak.

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran: Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Mulai Hari Ini ke Arah Bandung

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Anaga Budiharso, mengatakan berbagai upaya sudah dilakukan pihak kepolisian termasuk berkoordinasi dengan Polres Bogor, untuk diberlakukan sistem satu arah dari Cianjur atau sebaliknya dari Bogor, tidak membuahkan hasil.

"Untuk kendaraan roda dua volume-nya terus bertambah melintas dari kedua arah dengan tujuan berwisata dan pemudik yang terlambat pulang diperparah dengan arus balik dengan roda dua yang hendak kembali ke perantauan mulai membaur," katanya.

Sehingga upaya lain yang dilakukan pihak kepolisian, menutup jalur menuju Puncak mulai dari Kota Cianjur dan mengarahkan pengendara untuk mengambil jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, hanya warga lokal yang diizinkan melintas.

"Kami bersama Polres Bogor masih berupaya untuk mencairkan antrean yang sudah terjadi sejak siang hingga Senin malam. Harapan kami antrean dapat mencair sebelum tengah malam," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: