Arus Mudik Lebaran 2023, Tercatat 1,6 Juta Lebih Kendaraan Melintas Tol Tangerang Merak

Arus Mudik Lebaran 2023, Tercatat 1,6 Juta Lebih Kendaraan Melintas Tol Tangerang Merak

Kondisi Arus Lalu Lintas di Tol Tangerang Merak Terpantau Lancar--Humas Astra Tol Tangerang Merak Untuk FIN

Arus Mudik Lebaran 2023, Tercatat 1,6 Juta Lebih Kendaraan Melintas Tol Tangerang Merak - Astra Tol mencatat sebanyak 1.665.567 kendaraan melintas di Tol Tangerang Merak pada arus mudik Lebaran 2023.

Jumlah tersebut terhitung sejak H-10 atau 12 April 2023 sampai dengan hari kedua lebaran yakni 23 April 2023.

Sedangkan puncak trafik tertinggi tercatat terjadi gerbang tol Merak yang menyentuh angka 21.716 kendaraan per hari. Jumlah ini merupakan rekor lalu lintas di Gerbang Tol Merak sepanjang tahun.

Pihak Astra Tol Tangerang Merak menyebut arus mudik lebaran 2023 di ruas jalan Tol Tangerang-Merak cenderung normal lancar.

BACA JUGA:

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya cukup efektifnya upaya peningkatan kapasitas layanan transaksi.

Peningkatan kapasitas lajur jalan tol maupun layanan pendukung di ruas Tol Tangerang Merak seperti kapasitas parkir dan toilet juga disebut turut andil lancarnya arus mudik lebaran 2023.

Selain itu, pengelolaan trafik yang cukup matang oleh berbagai pihak. Diantaranya mekanisme distribusi lalu lintas kendaraan angkutan ke 3 (tiga) pelabuhan yaitu Merak, Ciwandan dan BBJ Bojonegara.

Serta ektivitas sosialisasi pembatasan kendaraan angkutan barang  sehingga angkutan barang melintas lebih awal. 

BACA JUGA:

"Meski demikian, kami tetap memberikan layanan ekstra dan apresiasi bagi pengguna jalan yang melintas," ujar Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang Merak, Uswatun Hasanah, Senin 24 April 2023.

Menurutnya, sampai dengan hari ini layanan tambahan transaksi dan layanan pendukung seperti area parkir dan toilet terpantau masih termanfaatkan dengan layak.

Pun demikian, pihak Astra Tol Tangerang Merak saat ini masih tetap siaga mengantispasi arus balik Lebaran 2023, yang diprediksi mulai meningkat signifikan pada 29 April - 1 Mei 2023.

BACA JUGA:

Sementara, puncak arus balik diprediksi terjadi pada 30 April 2023 dengan estimasi 174.294 kendaraan yang akan melintas.

"Asumsi kami pemudik masih akan extend cuti setelah cuti bersama habis, mengingat 1 Mei 2023 ini tanggal merah," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: