Begini Niat dan Doa Zakat Fitrah

Begini Niat dan Doa Zakat Fitrah

Ilustrasi beras untuk Zakat Fitrah 2023.-zamzam.com-

Niat dan Doa Zakat Fitrah- Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan pada bulan Ramadan atau sebelum hari raya Idul Fitri.

Zakat fitrah juga disebut sebagai zakat untuk membersihkan diri dan jiwa dari segala kesalahan dan kekurangan selama berpuasa di bulan Ramadan.

Doa dan niat zakat fitrah perlu diucapkan saat akan mengeluarkan zakat tersebut. Berikut adalah contoh doa dan niat zakat fitrah beserta hadis yang relevan:

Niat Zakat Fitrah

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَدَقَةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat mengeluarkan zakat fitrah sebagai sedekah untuk Allah Ta’ala.

Hadis terkait dengan zakat fitrah adalah hadis dari Abu Sa’id Al-Khudri ra. beliau berkata, "Kami diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah, yakni sebanyak satu sha' kurma, atau satu sha' jelai, atau satu sha' gandum, atau satu sha' kismis kepada orang-orang miskin." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:

Doa Zakat Fitrah

اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَصَلَاتَنَا وَزَكَاةَ الْفِطْرِ، وَتَقَبَّلْهَا مِنَّا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya: Ya Allah, terimalah dari kami puasa kami, shalat kami, zakat fitrah kami, dan terimalah dari kami, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih.

Selain doa dan niat zakat fitrah di atas, sebaiknya kita juga berusaha untuk mengeluarkan zakat fitrah secepatnya sebelum hari raya Idul Fitri tiba, agar zakat fitrah bisa digunakan oleh orang-orang yang membutuhkannya di hari raya tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mempelajari doa dan niat zakat fitrah. (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: