Besok Gerhana Matahari, NU Instruksi Warga Gelar Salat Gerhana

Besok Gerhana Matahari, NU Instruksi Warga Gelar Salat Gerhana

3 Jenis Gerhana Matahari, Image oleh Darren Vannoy dari Pixabay--

Gerhana Matahari 2023.Gerhana matahari diperkirakan akan berlangsung besok, Kamis 20 April 2023 di Indonesia. 

Menanggapi itux Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menginstruksikan warganya agar melakukan salat gerhana matahari. 

Instruksi itu dikeluarkan melalui surat PWNU Jawa Timur dengan nomor: 1777/PW/A-II/L/IV/2023 yang ditandatangani oleh Rais PWNU Jawa Timur, KH Anwar Manshur, Wakil Katib PWNU Jawa Timur, Romadlon Chotib, Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar, dan Sekretarisnya, Akh Muzakki 

"Berdasarkan kalender hisab PW LFNU Jawa Timur, diperkirakan akan terjadi gerhana matahari hibrid pada hari Kamis Legi, 29 Ramadlan 1444 Hijriah/20 April 2023 Masehi," kata Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar melalui surat edaran resmi PWNU Jatim dikutip NU Online, Rabu 19 April 2023.

BACA JUGA:

Gerhana matahari hibrid dalan Islam disebut dikenal dengan nama kusufus syams. Saat terjadi gerhana, umat islam dianjurkan untuk salat gerhana. 

Adapun yang terlintasi bayangan hibrid adalah Australia (Ningalo, Learmonth, Exmouth dan Barrow Island) Timor Leste (Viqueque dan Los Palos), Indonesia (Pulau Kisar, Batu Merah, Antalisa, Soetoeri, Toegrama, Salebe, Aramasa, Modan, Randepandai, Mos Waar dan Biak).

"Kota-kota lain di Indonesia selain yang disebut di atas mengalami gerhana matahari sebagian," demikian isi surat instruksi tersebut. 

BACA JUGA:

"Sehubungan hal tersebut di atas maka diinstruksikan kepada seluruh pengurus dan warga NU di Jawa Timur untuk melaksanakan sosialisasi dan melaksanakan shalat sunnah gerhana matahari pada saat terjadinya gerhana matahari di atas," demikian bunyi surat instruksi. 

Di wilayah Indonesia, gerhana Matahari hibrid akan teramati sebagai gerhana Matahari total (GMT). 

GMT akan teramati khususnya di wilayah Indonesia bagian timur, sementara di daerah Indonesia lainnya akan teramati sebagai gerhana Matahari parsial. 

Gerhana Matahari ini akan teramati sebagai gerhana matahari cincin di wilayah selatan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Pada GMT 2023 ini lintasan bayangan inti (umbra) Bulan di permukaan Bumi akan melewati sebagian wilayah Indonesia bagian timur.  (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: