Operasi Ketupat 2023 Polri Siapkan 2.787 Posko

Operasi Ketupat 2023 Polri Siapkan 2.787 Posko

Ilustrasi - Posko Terpadu Mudik Lebaran-ist-net

Polri Bangun 2.787 Posko Operasi Ketupat - Polri membangun 2.787 posko Operasi Ketupat 2023 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ribuan posko tersebut terdiri dari pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu yang akan mengawal arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan dari 2.787 posko tersebut terdiri atas pos pengamanan (Pospam) sebanyak 1.850, pos pelayanan (Posyan) sebanyak 713 dan Pos terpadu sebanyak 217.

“1.850 pos pengamanan berfungsi untuk pusat informasi pengaturan lalu lintas dan rekayasa lalu lintas, serta memastikan keamanan maupun tersimpan pada objek pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya,” katanya saat gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 di Silang Monas, Jakarta, Senin, 17 April 2023.

BACA JUGA:

Dijelaskannya, posyan berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, menajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis dan berbagai pelayanan lainnya. 

Sedangkan pos terpadu berfungsi untuk pusat kendali operasi serta terintegrasi bersama pemangku kepentingan (stakeholder) terkait.

“Di Pos terpadu ini dilengkapi dengan command centre,” katanya.

Menurutnya, untuk memastikan Operasi Ketupat 2023 berjalan optimal, Polri membagi lima wilayah utama di Pulau Sumatera, Jawa dan pengendalian secara kewilayahan di setiap Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai posko operasi terpusat.

BACA JUGA:

“Posko tersebut didukung dengan berbagai kemampuan sehingga setiap perkembangan situasi di lapangan, bisa terpantau secara real time,” paparnya.

Dalam Operasi Ketupat 2023 ini melibatkan 148,261 personel gabungan terdiri atas TNI, Polri, kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Rahajar, Jasa Marga, Satpol PP, dinas perhubungan, dinas kesehatan, pramuka dan mitra Kamtibmas lainnya.

Seluruh personel yang terlibat disebar bertugas di 2.787 posko yang telah dibentuk.

Di sisi lain, untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas utamanya di jalur arteri, Polri telah memetakan 125 titik rawan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: