Kumpulan Kata-Kata Sungkem Lebaran Singkat Lembut dan Santun Berbahasa Jawa Halus

Kumpulan Kata-Kata Sungkem Lebaran Singkat Lembut dan Santun Berbahasa Jawa Halus

Kumpulan Kata-Kata Sungkem Lebaran Singkat Lembut dan Santun Berbahasa Jawa Halus--

Sungkem Lebaran | Tak terasa Hari Raya Idul Fitri 2023 sudah begitu dekat. Momen yang dinantikan oleh umat muslim seluruh dunia.

Di Indonesia, berbagai tradisi dan budaya dalam menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri adalah sebuah daya tarik tersendiri.   

Pasalnya setiap daerah memiliki tradisi dan budaya yang unik dan berbeda beda. Selain ketupat, tradisi sungkem adalah kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian orang pada umumnya, khususnya orang jawa. 

Apa itu Sungkem?

Sungkem adalah proses meminta maaf dan saling memaafkan yang dilakukan oleh orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua.

Contoh Penerapan Sungkem

Contoh penerapan Sungkem ini adalah anak meminta maaf kepada kedua orang tua, antara adik ke kakak (kandung ataupun sepupu), antara cucu dan simbah (kakek, nenek), antara keponakan ke saudara orang tua (pakdhe, budhe, paklik, bulik), serta kerabat dekat keluarga yang lebih tua.

Apa Tujuan Sungkem?

Sungkem adalah wujud bakti anak kepada orang tua dan juga tanda hormat kepada saudara/kerabat yang lebih tua.

Makna Sungkem

Sungkem adalah sarana yang tepat untuk melatih kerendahan hati. Sungkem juga mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik, rendah diri, disiplin dan memiliki kesadaran tinggi dalam bersikap dan beretika kepada orang yang lebih tua. 

Tata Cara Sungkem

Tata cara Sungkem yang paling umum dijumpai adalah dengan cara bersimpuh dan mencium tangan kedua orang tua. Lalu mengucapkan permintaan maaf dengan tulus menggunakan bahasa jawa halus (krama) sebagai wujud menghormati orang yang lebih tua. 

Apakah Sungkem Harus Berbahasa Jawa Halus?

Tidak harus, bagi kamu yang keturunan jawa dan kebetulan tidak pandai berbahasa jawa khususnya bahasa jawa halus (krama), bisa juga sungkem menggunakan bahasa Indonesia. Tujuan Sungkem yang paling utama adalah meminta maaf kepada orang tua dengan cara yang halus dan tulus.

Kata-Kata Sungkem Lebaran Singkat

Akan tetapi jika kamu ingin mempelajari kata-kata sungkem berbahasa jawa halus, berikut ini kami sajikan contoh kata-kata sungkem lebaran singkat beserta artinya supaya tidak salah.

Dinten menika dinten bakdo riyadi, kulo menawi gadah kalepatan ingkang disejo lan mboten disejo dhumateng Ibu lan Bapak, kulo nyuwun agunging samudri pangaksami.

Artinya: Pada hari raya ini, jika saya ada kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja kepada Ibu dan Bapak, saya mohon maaf seluas-luasnya.

Ngaturaken sugeng riyadi, nyuwun agunging pangapunten sedoyo kalepatan dhumateng Bapak/Ibu mugi kerso dipun pangapunten sedoyo dosa kulo meniko.

Artinya: Saya ucapkan selamat hari raya, saya mohon maaf dari lubuk hati terdalam atas semua kesalahan tindakan saya yang terlihat maupun tidak terlihat. Semoga bersedia memaafkan dosa-dosa saya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mas Dhimas

Tentang Penulis

Sumber: fin.co.id