Pengguna Mobil Listrik Jangan Khawatir! Catat Daftar 14 Rest Area Jalan Tol yang Terdapat SPKLU

Pengguna Mobil Listrik Jangan Khawatir! Catat Daftar 14 Rest Area Jalan Tol yang Terdapat SPKLU

SPKLU di rest area jalan tol jalur mudik-Birkompu-

Daftar 14 Rest Area Jalan Tol yang Terdapat SPKLU - Para pengguna mobil listrik yang akan digunakan untuk mudik Lebaran 2023 tidak perlu khawatir lagi kehabisan setrum di jalan raya. Sebab, beberapa rest area di jalan tol kini telah dilengkapi dengan SPKLU. 

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU itu terdapat di 14 rest area jalur mudik, sehingga pengguna kendaraan listrik bisa memanfaatkannya. 

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, pihaknya bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) siap mengoperasikan SPKLU pada musim mudik lebaran 2023.

Endra juga mengatakan, penyediaan SPKLU itu bertujuan untuk mengantisipasi semakin banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. 

BACA JUGA:

  1. Hutama Karya Beri Diskon Tarif Tol 20 Persen Untuk Pemudik Melalui JTTS, Catat Ruas dan Tanggal Berlakunya!
  2. Tol Bandung Arah Jakarta Dipastikan Tidak Ditutup saat Arus Mudik Lebaran 2023

Pengguna mobil listrik yang kehabisan daya, bisa memanfaatkan SPKLU pada rest area tersebut. 

"Charging point atau SPKLU ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mendorong terbentuknya ekosistem mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang lebih baik," ujar Endra di Jakarta. 


Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja-Birkompu-

Endra menambahkan bahwa saat ini SPKLU yang tersedia berjumlah 14 unit yang tersebar di beberapa ruas tol, yakni ruas tol Jakarta - Merak di rest area KM 13A, ruas tol Trans Jawa (Jakarta - Cikampek - Semarang - Solo - Surabaya hingga Probolinggo) yang terletak di rest area KM 6B, KM 208B, KM 389B, KM 456B, KM 519B, KM 616B, KM 207A, KM 379A, KM 519A, KM 626A, dan rest area KM 695A. 

Sedangkan dua titik SPLKU lainnya berada di ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) pada Rest Area KM 10A arah Bogor dan rest area KM 21B arah Jakarta.

BACA JUGA:

  1. Jelang Arus Mudik, Begini Persiapan Astra Tol Antisipasi Lonjakan Kendaraan di Tol Tangerang Merak
  2. Catat Ya! Tol Japek II Selatan Beroperasi Fungsional Hanya Untuk Arus Balik Lebaran

Tentunya SPKLU sudah tersedia juga di kota-kota besar di Pulau Jawa yang menjadi destinasi para pemudik. 

Maka itu diharapkan para pemudik dapat merasa lebih aman, nyaman dan tenang berkendara mobil listrik terutama saat melakukan mudik lebaran.

Penyediaan SPKLU ini dilakukan mengingat jumlah mobil listrik yang telah meningkat cukup signifikan di Indonesia. Berdasarkan laporan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik di Indonesia sebanyak 15.437 unit sepanjang 2022. Jumlahnya melesat 383,46 persen dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar 3.193 unit.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: