Bantuan Beras 10 Kg Untuk 21,3 Juta Penerima Disalurkan April, Pengamat Bilang Begini

Bantuan Beras 10 Kg Untuk 21,3 Juta Penerima Disalurkan April, Pengamat Bilang Begini

Bantuan beras 10 kg dari Kementerian Sosial-kemensos.go.id-kemensos.go.id

Bantuan Beras 10 Kg Untuk 21,3 Juta Penerima Disalurkan April - Bantuan beras 10 kilogram (Kg) dari Pemerintah untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat disalurkan mulai April 2023.

Bantuan beras 10 kg akan disalurkan sealam 3 bulan beruntun.

Pengamat ekonomi dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Gunawan Benjamin mengapresiasi bantuan beras 10 kilogram per bulan untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat.

"Hal itu positif karena sepertinya harga beras sulit turun dalam beberapa waktu ke depan," ujarnya, dikutip Selasa, 11 April 2023.

BACA JUGA:

Menurutnya, bantuan beras tersebut dapat meningkatkan daya beli masyarakat yang sehari-harinya berkutat dengan pemenuhan kebutuhan dasar.

Andai tidak ada bantuan dan harga beras naik, maka warga di golongan tersebut terpaksa harus mengurangi atau menurunkan kualitas konsumsinya.

"Itu berbahaya, karena kemampuan mereka untuk membeli kebutuhan lain juga berkurang," kata Gunawan.

Dia memprediksi harga beras tidak turun dalam waktu dekat, salah satunya lantaran kebijakan pemerintah yang menaikkan harga pembelian pemerintah (HPP) untuk beras berkadar air maksimal 14 persen, butir patah maksimal 20 persen, butir menir maksimal dua persen di gudang Perum Bulog, menjadi seharga Rp9.950 per kilogram pada 15 Maret 2023.

BACA JUGA:

Kemudian, ada pula potensi kemarau akibat fenomena El Nino pada pertengahan tahun 2023 yang dapat membuat sawah-sawah gagal panen.

"Meski begitu, ada kabar baik bahwa pemerintah akan membuka keran impor. Itu bisa membuat harga beras tidak mengalami kenaikan. Apalagi konsumsi masyarakat belakangan ini terus mengalami penurunan," ujar Gunawan pula.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan peluncuran bantuan pangan berupa beras dari cadangan beras pemerintah kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat, di sela kunjungannya ke Perum Bulog Pusat Distribusi Ngabeyan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin.

"Bantuan ini diharapkan bisa menurunkan harga beras. Ini kan masa panen raya hampir di semua provinsi. Saya sudah cek di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat yang panen raya. Jadi masalah pasokan, suplai, tidak ada masalah," ujar Presiden Jokowi pula.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: