Pemudik Harus Isi BBM Sebelum Masuk Tol Indralaya-Prabumulih Trans Sumatera

Pemudik Harus Isi BBM Sebelum Masuk Tol Indralaya-Prabumulih Trans Sumatera

Pekerja menggunakan alat berat untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih di Prabumulih, Sumatera Selatan, Rabu (5/4/2023). (ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi)--

Tol Indralaya-Prabumulih Trans Sumatera - PT Pertamina Patra Niaga Sumbagsel  mengimbau para pemudik untuk mengisi dan memastikan BBM sebelum masuk Jalan Tol Trans Sumatera ruas Indralaya-Prabumulih. 

Tujuan memastikan BBM sebelum ruas Indralaya-Prabumulih ini agar perjalanan tidak terhambat karena minyak kendaraan kosong. 

"Jadi akan lebih baik diisi sebelum melintas," kata Sales Area Manager Retail Wilayah Sumsel Pertamina Patra Niaga Sumbagsel, Sadli Ario Priambodo di Palembang, Jumat 7 April 2023.

Pertamina juga menyampaikan imbauan tersebut menggunakan poster atau spanduk di kawasan sebelum memasuki Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer.

Ia menyebutkan pembangunan jalan Tol Indralaya - Prabumulih belum rampung 100 persen sehingga tidak ditemukan fasilitas seperti SPBU saat dibuka secara fungsional untuk arus mudik Lebaran 2023.

"Sebagai pengingat, hasil rapat kami terakhir dengan pengelola tol, ini juga tidak disiagakan 24 jam," ujarnya.

Kendati demikian, ia menyebutkan perusahaan menyiagakan tim pemasok bahan bakar mobile membawa jerigen kapasitas 20 liter sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan pemudik.

"Jerigen 20 liter ini dimanfaatkan dalam keadaan yang memang sangat mendesak hingga pemudik sampai ke SPBU terdekat di pintu keluar Tol Prabumulih," ujarnya.

Ruas Tol Indralaya-Prabumulih merupakan fasilitas baru yang secara fungsional akan dioperasikan pada musim arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Sumatera Selatan.

Ruas tol tersebut memiliki ruas panjang 64,5 kilometer yang menghubungkan Simpang Indralaya Kabupaten Ogan Ilir ke Kota Prabumulih, rencananya dibuka fungsional mulai 15 April 2023.

Ruas tol itu terintegrasi ke ruas tol Palembang Indralaya (Palindra) yang memiliki panjang 22 km.

Ruas tol ini bagian dari ruas tol yang akan dibangun Hutama Karya, Indralaya-Muara Enim sepanjang 121 kilometer.

Sebelumnya para pelaku perjalanan butuh waktu sekitar tiga jam melintasi ketiga daerah itu dari Jalan Lintas Tengah Sumatera.

Maka setelah ada jalan tol perjalanan tersebut hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit saja.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: