Survei NEW INDONESIA: 77,1 Persen Masyarakat Puas Terhadap Kinerja Jokowi

Survei NEW INDONESIA: 77,1 Persen Masyarakat Puas Terhadap Kinerja Jokowi

Presiden Jokowi saat kampanye Pemilu 2019 di GBK Senayan Jakarta.-dok fin-dok fin

Survei NEW INDONESIA: 77,1 Persen Masyarakat Puas Terhadap Kinerja Jokowi

Lembaga survei NEW INDONESIA Research and Consulting menunjukkan sebanyak 77,1 persen responden atau masyarakat merasa puas terhadap kepemimpinan Jokowi.

Bahkan dengan 8,3 persen responden menyatakan sangat puas dengan kepemimpinan Jokowi saat ini.

BACA JUGA:Bawaslu Temukan 20 Ribu TNI Polri, Orang Meninggal dan Anak Masuk Daftar Pemilih Pemlu 2024

Hasil survei terhadap kinerja Jokowi tersebut disampaikan Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research and Consulting Andreas Nuryono.

“Tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi stabil dan tinggi, kini mencapai 77,1 persen,” kata Andreas Nuryono, Rabu 29 maret 2023.

Menurutnya, tingginya tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi karena dinilai berhasil memimpin Indonesia di tengah guncangan akibat pandemi COVID-19 dan gejolak geopolitik dunia.

Setelah tiga tahun bergulat dengan pandemi COVID-19, Pemerintah Indonesia telah mencabut berbagai kebijakan pembatasan sosial.

BACA JUGA:Israel Ikut Piala Dunia U-20, Jokowi: Jangan Campuraduk Olahraga dengan Urusan Politik

Dalam refleksi pada masa awal pandemi, Jokowi mengungkapkan rasa syukur karena keputusan pemerintah untuk tidak melakukan lockdown.

Demikian pula dengan pergolakan dunia yang terutama dipicu oleh invasi Rusia atas Ukraina.

Dampaknya dirasakan seluruh dunia dengan lonjakan harga pangan dan energi, memicu kelangkaan barang dan ketidakstabilan harga termasuk di Indonesia.

Jokowi terlibat langsung dalam upaya menekan dampak perang dengan menemui pemimpin Rusia dan Ukraina.

BACA JUGA:Ditunjuk Bertemu FIFA Bahas Piala Dunia U-20 di Indonesia, Erick Tohir Dapat Pesan dari Jokowi

Meski demikian, masih ada ketidakpuasan publik yang mencapai 18,6 persen, di antaranya 1,3 persen merasa tidak puas sama sekali. Tercatat masih ada sebanyak 4,3 persen publik yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

“Distribusi bansos yang tidak merata hingga gejolak harga memicu ketidakpuasan publik,” ujarnya.

Di sisi lain pemerintah juga tegas mengatasi sejumlah masalah yang berpotensi menggerus kepuasan publik, seperti penanganan kasus Ferdy Sambo dan tragedi Kanjuruhan, hingga skandal pejabat yang hidup bermewah-mewahan di tengah kesulitan masyarakat.

“Pada akhir masa jabatannya, Jokowi dituntut untuk tetap bersikap konsisten melayani dan menyejahterakan masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:Harga Saham Antam (ANTM) Melejit Lebih Dari 4 Persen Hari Ini, Topang Kenaikan IHSG

Survei NEW INDONESIA Research and Consulting dilakukan pada 15-22 Maret 2023 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi.

Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error sekitar 2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: