Informasi Buat Warga Bogor yang Ingin Mudik Gratis 2023, Ini Penjelasan Dishub Kota Bogor

Informasi Buat Warga Bogor yang Ingin Mudik Gratis 2023, Ini Penjelasan Dishub Kota Bogor

Mudik gratis 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan melayani rute mudik ke 12 kabupaten/kota di Pulau Jawa. --

Informasi Warga Bogor yang Ingin Mudik Gratis 2023, Ini Penjelasan Dishub Kota Bogor

Informasi bagi warga Kota Bogor yang ingin ikut mudik gratis 2023 disampaikan Dinas Perhubungan Kota Bogor, Jawa Barat.

Dishub Kota Bogor menginformasikan, masyarakat Bogor yang ingin mendaftar mudik gratis 2023 menggunakan bus bisa mendaftar mandiri ke Direktorat Jendral Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

BACA JUGA:Asyik! Ada Mudik Gratis dari Pemkab Kudus, Berangkat dari Taman Mini Indonesia Indah

Pendaftaran mudik gratis 2023 Hubdat Kemenhub bisa melalui media perpesanan WhatsApp dan akun resmi Instagram.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bogor Eko Prabowo mengatakan , bahwa dinasnya tidak melayani pendaftaran mudik gratis melainkan langsung ke Ditjenhubdat.

Di Kota Bogor juga tidak dipersiapkan bus mudik gratis yang diberangkatkan.

"Bisa langsung mendaftar seperti poster yang ada di media sosial Ditjenhub. Mudik gratis 2023 langsung begitu," katanya dilansir dari Antara, Selasa 28 Maret 2023.

BACA JUGA:Pendaftaran Mudik Gratis DKI Jakarta di mudikgratisjakarta.com Dibuka Kembali Jika Masih Ada Kuota

Eko menyampaikan bahwa hingga saat ini proses pendaftaran Mudik Gratis 2023 Ditjen Hubdat Kemnhub masih dibuka mulai tanggal 13 Maret-14 April 2023.

Dishub Kota Bogor pun belum mendapatkan informasi mengenai jumlah pendaftar mudik gratis yang sudah masuk ke Ditjenhubdat.

"Enggak terlihat karena individu langsung daftar mandiri," katanya.

Diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan kuota sebanyak 24.072 penumpang untuk mudik gratis dengan menggunakan bus pada masa angkutan Lebaran 2023/1444 Hijriah.

BACA JUGA:Giliran Pemprov Jatim Buka Pendaftaran Tiket Bus Mudik Gratis Lebaran 2023, Tersedia 20 Kota Tujuan

Bus keberangkatan atau bus mudik disiapkan kuota 18.528 penumpang dan untuk arus baliknya kami menyiapkan kuota 5.544 penumpang dengan total 585 bus dengan rincian 459 bus untuk arus mudik dan 126 bus untuk arus balik.

Kemenhub juga menyiapkan 30 truk untuk mengangkut 900 sepeda motor. Adapun rinciannya, 15 truk mengangkut 450 sepeda motor untuk arus mudik dan 15 truk mengangkut 450 sepeda motor pada arus balik.

Kota-kota tujuan dari arus mudik penumpang yang dibagi menjadi empat kelompok. Pertama, Pulau Sumatera dengan tujuan Palembang dan Lampung. Kedua, Jawa Barat dengan tujuan Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Ketiga, Jawa Tengah dan DIY dengan tujuan Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

BACA JUGA:Asyik! Ada Mudik Gratis Kereta Api 2023 Tujuan Solo dari DJKA Kemenhub, Buruan Daftar

Keempat, Jawa Timur dengan tujuan Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung.

Selain itu, Kemenhub juga memfasilitasi untuk arus balik penumpang di mana terdapat delapan kota asal arus balik ke Jakarta, yakni Cirebon-Jakarta, Madiun-Jakarta, Surabaya-Jakarta, Semarang-Jakarta, Solo-Jakarta, Purwokerto-Jakarta, Wonogiri-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: