Menhub: Mudik Gratis Kemenhub 2023 Sediakan 500 Bus, Kereta Api hingga Kapal Laut

Menhub: Mudik Gratis Kemenhub 2023 Sediakan 500 Bus, Kereta Api hingga Kapal Laut

Mudik Gratis Bus 2023 Oleh Kemenhub Buka Banyak Kota Tujuan, Simak Syarat dan Cara Daftarnya di Sini--Google Photos

Mudik Gratis Kemenhub 2023 Sediakan 500 Bus, Kereta Api hingga Kapal Laut  

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut program mudik gratis Kemenhub dapat menekan tingkat kecelakaan sepeda motor.

Diketahui,  para pemudik yang menggunakan sepeda motor sering mendominasi kecelakaan selama arus mudik sehingga diadakan mudik gratis.

BACA JUGA:Link Saldo Dana Kaget Gratis, Klaim Sekarang dan Dapatkan Rp75 Ribu!

Budi Karya mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Korlantas, bahwa tingkat kecelakaan paling tinggi adalah pengguna kendaraan (sepeda) motor.

"Apalagi yang ditempuh itu kira-kira dari 3-10 jam. Jadi, melelahkan sekali," kata Budi Karya dalam di Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.

Oleh karena itu, dia menganjurkan program mudik gratis digalakkan guna menekan angka kecelakaan sepeda motor selama arus mudik Lebaran 2023.

Dengan fakta tingginya angka kecelakaan sepeda motor, Budi Karya mengatakan jika Kemenhub tidak tinggal diam sehingga selalu berkelanjutan menggelar program mudik gratis.

BACA JUGA:Pemerintah Ubah Cuti Bersama Idulfitri atau Lebaran Menjadi 19-25 April 2023

Dia menyebut Kemenhub setidaknya menyediakan 500 unit bus sebagai angkutan mudik gratis Kemenhub pada momen Idulfitri 1444 Hijriah kali ini.

"Saya harapkan kementerian lain dan swasta juga mengadakan mudik gratis, minimal untuk kalangan mereka sendiri, supaya tidak membebani apa yang kita programkan," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa program mudik gratis Kemenhub tidak hanya terbatas dengan menggunakan moda bus, tetapi juga menggunakan kereta api dan kapal laut.

Program mudik gratis dari Kemenhub dengan menggunakan kapal laut akan dilakukan untuk rute Tanjung Priok, Jakarta, ke Tanjung Mas, Semarang, paling lambat pada H-5 Idulfitri 1444 Hijriah.

BACA JUGA:Mendagri: Gubernur, Bupati dan Wali Kota Diminta Tidak Menggelar Buka Puasa Bersama

"Paling tidak, mereka yang akan melanjutkan (perjalanan) menggunakan sepeda motor, sudah saving kira-kira delapan jam. Setelah Semarang, bisa ke Klaten, Salatiga, dan sebagainya," katanya.

Dia menambahkan bahwa program mudik gratis bisa mengurangi tingkat tekanan lalu lintas arus mudik dari kendaraan roda dua.

Oleh karena itu, Budi Karya mengimbau jajaran perusahaan swasta, termasuk pabrik-pabrik di Karawang, agar mengadakan program mudik gratis.

"Pabrik-pabrik yang ada di Karawang itu agar mengadakan mudik gratis dengan bus, supaya mereka enggak pulang naik motor," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: