Simak Perbedaan Zakat, Infak, Sedekah dan wakaf

Simak Perbedaan Zakat, Infak, Sedekah dan wakaf

Sedekah yang paling besar pahalanya -Istockpohoto.com-

Simak Perbedaan Zakat, Infak, Sedekah dan wakaf- Di dalam agama Islam, terdapat empat konsep amal kebaikan dalam membantu antar sesama umat Islam. Konsep amalan itu yakni zakat, infak, sedekah dan wakaf. 

Empat konsep amalan ini punya kesamaan dari segi tujuannya. Namun, keempatnya juga punya perbedaan dari sisi aturan dan pelaksanaannya. 

Daro segi aturan dalam Islam, hanya zakat yang hukumnya wajib. 

Artikel berikut membahasa perbedaan antara zakat, infak, sedekah, dan wakaf. 

1. Zakat

Zakat sifatnya wajib bagi umat Islam yang mampu dan mempunyai harta lebih. Umat islam yang mampu dari segi harta kekayaan ini, diwajibkan membayar zakat setiap tahunnya. 

Zakat ini dihitung berdasarkan kekayaan yang dimiliki, misalnya harta seperti uang, emas, dan perak, serta hasil panen. Besaran zakat yang harus dibayarkan adalah 2,5% dari jumlah harta yang dimiliki.

BACA JUGA:

  1. 108 Daftar Lembaga Pengelola Zakat Tidak Berizin dari Kemenag, Cek di Sini
  2. Renovasi Rumah Kader PDIP Pakai Dana Amil Zakat, Ganjar Pranowo Buru-buru Hapus Cuitan dari Twitter

Tujuan dari zakat adalah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti orang miskin, janda, yatim piatu, dan fakir.

 Zakat ini harus diberikan secara langsung kepada penerima zakat atau lembaga amal.

2. Infak

Infak merupakan amal kebajikan yang dilakukan dengan cara memberikan sebagian harta yang dimiliki, baik itu uang, barang, untuk membantu orang yang membutuhkan. Infak terbatas pada barang. 

Infak ini sifatnya tidak wajib alias sunnah. Infak bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada ketentuan besaran yang harus diberikan, sehingga setiap orang bisa memberikan infak sesuai dengan kemampuan dan keinginannya.

Tujuan dari infak adalah untuk membantu orang yang membutuhkan, seperti orang miskin, yatim piatu, dan kaum dhuafa. Infak ini bisa diberikan secara langsung kepada penerima infak atau melalui lembaga amal yang telah dipercayakan untuk menyalurkan infak tersebut.

BACA JUGA:

  1. Buntut Polemik ACT, Kemenag Larang Pengurus Lembaga Amil Zakat Berperilaku Hedonisme
  2. Sebagai Non Muslim, Nicho Silalahi Dinilai Offside Komentar Soal Zakat Umat Islam

3. Sedekah 

Sedekah hampir mirip Infak. Hanya saja sedekah tidak terbatas harta saja. Sedekah juga bisa berupa non harta. Non harta di sini seperti jasa atau waktu. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: