Mudik Gratis Sepeda Motor Kemenhub Dibuka Hari Ini, Ini Link Mudik Gratis mudikgratis.dephub.go.id

Mudik Gratis Sepeda Motor Kemenhub Dibuka Hari Ini, Ini Link Mudik Gratis mudikgratis.dephub.go.id

Logo Kementerian Perhubungan--kemenhub

Mudik Gratis Sepeda Motor Kemenhub Dibuka, Ini Link Mudik Gratis https://mudikgratis.dephub

Pendaftaran mudik gratis Kemenhub menggunakan kapal laur resmi dibuka hari ini, Kamis 23 Maret 2023.

Kemenhub telah membuka pendaftaran mudik gratis sepeda motor 2023 dengan menggunakan kapal laut hari ini.

BACA JUGA:Mudik Motor Gratis Motis Kapal Laut Sudah Dibuka, Kuota Terbatas, Segera Daftar

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Hendri Ginting menjelaskan, pendaftaran mudik motor gratis dan dan registrasi akan dilakukan secara daring melalui https://mudikgratis.dephub.

Pendaftaran mudik gratis sepeda motor ini dibuka mulai  23 Maret-5 April 2023.

Kemudian, untuk verifikasi pendaftaran mudik gratis sepeda motor akan dilakukan pada 25 Maret-7 April 2023.

Sedangkan pendaftaran langsung mudik gratis ini dilakukan mulai 23 Maret 2023-16 April 2023.

BACA JUGA:Mudik Gratis DKI Jakarta Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar di mudikgratisjakarta.com

Pendaftaran mudik gratis secara langsung bisa dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kemenhub Jakarta.

Hendri Ginting mengatakan keberangkan mudik gratis arus mudik dilakukan pada 15 dan 17 April 2023.

Rute mudik gratis ini adalah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Sedangkan untuk arus balik mudik gratis ini juga sebanyak dua kali dengan rute Tanjung Emas-Tanjung Priok pada 25 dan 28 April 2023.

BACA JUGA:Cara Daftar dan Syarat Ikut Program Mudik Gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta, Ingat Kuota Cuma 19 Ribuan

"Untuk kuota tersedia 2.500 penumpang/trip dan 1.250 motor/trip sehingga total kuota mudik adalah 5.000 orang dan 2.500 motor, sedangkan balik 5.000 orang dan 2.500 motor," kata Hendri.

Adapun program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut itu dalam rangka meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya.

Mudik gratis sepeda motor ini juga mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor pada jalur pantai utara (pantura).

Hendri mengatakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut itu juga sebagai bentuk dukungan Ditjen Perhubungan Laut mengenalkan moda transportasi alternatif untuk mudik Lebaran 2023 ini.

BACA JUGA:Provinsi Sumsel Gelar Mudik Gratis 2023, Gandeng BUMN dan Jasa Raharja

Selain untuk menurunkan tingkat kepadatan di jalan raya dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan bagi pengemudi motor.

"Mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa kapal laut bisa sebagai moda alternatif untuk mudik lebaran," ujarnya.

Pada masa angkutan Lebaran 2023, Kemenhub memprediksikan terjadi peningkatan jumlah pemudik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, jumlah pemudik berjumlah 123,8 juta orang naik jika dibandingkan pada 2022 sebesar 85,5 juta orang.

BACA JUGA:Berburu Tiket Mudik Gratis 2023 dari Kemenhub Melalui Aplikasi Mitra Darat!

Kemenhub mengharapkan dengan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut dapat menekan kepadatan mudik yang ada.

"Dengan diprediksi peningkatan jumlah pemudik pada tahun 2023 ini, kami harap dengan adanya mudik gratis ini dapat memberikan dampak yang positif," kata Hendri.

Berikut persyaratan untuk mengikuti program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, yakni memiliki STNK dan SIM yang sah.

Kemudian, syarat mudik gratis juga harus kondisi motor layak jalan, tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat mengganggu proses lashing, harus ada penyangga/standar tengah (standar dua), harus dilengkapi dengan pegangan belakang.

BACA JUGA:Mudik Gratis 2023 Pemprov Sumut Dibuka, Berangkat 19 April atau H-2 Lebaran

Selanjutnya, ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik, tidak diperbolehkan adanya boks samping kiri, kanan maupun belakang, jumlah helm harus sesuai jumlah penumpang, bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan maksimal 1 liter/motor, dan kunci motor dapat dititipkan kepada petugas/panitia pelaksana.

Sementara, dokumen yang wajib dibawa pada saat pendaftaran mudik gratis sepeda motor, yaitu kartu identitas calon pemudik, STNK asli dan SIM asli.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: