Kiat Penuhi Kebutuhan Cairan Selama Ramadan, Simak Penjelasan Dokter Spesialis Gizi

Kiat Penuhi Kebutuhan Cairan Selama Ramadan, Simak Penjelasan Dokter Spesialis Gizi

Kiat Penuhi Kebutuhan Cairan Selama Ramadan--(Pixabay)

Kiat Penuhi Kebutuhan Cairan Selama Ramadan, Simak Penjelasan Dokter Spesialis Gizi - Untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa di bulan suci Ramadan, simak penjelasan dokter spesialis gizi berikut ini.

Dokter spesialis gizi klinik dr Eva Kurniawati M. Gizi Sp.GK mengatakan, agar kebutuhan cairan dapat terpenuhi sealam Ramadan yakni dengan membagi waktu minum ke dalam delapan waktu berbeda.

BACA JUGA:Penyakit Jantung, Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Eva menuturkan, kedelapan waktu ini yakni masing-masing satu gelas setelah bangun sahur, selepas sahur, saat berbuka, setelah sholat maghrib, setelah makan malam, setelah sholat isya, setelah sholat tarawih dan sebelum tidur.

"Untuk menambah cairan coba deh untuk memasak sayuran berkuah saat sahur dan buka, dan kuahnya dikonsumsi sekalian, dengan menghabiskan kuahnya kita menambah asupan cairan bagi tubuh juga," kata Eva, dilansir Antara, Kamis, 23 Maret 2023.

Mendapatkan cukup air setiap hari sangat disarankan karena penting untuk mencegah dehidrasi.

Dehidrasi sendiri dapat menyababkan pikiran tidak jernih, mengakibatkan perubahan suasana hati, menyebabkan tubuh kepanasan, serta menyebabkan sembelit dan batu ginjal.

BACA JUGA:Manfaat Buah Nanas, Bikin Jantung Sehat hingga Cegah Kanker

Terkait upaya mencegah dehidrasi selama berpuasa, Eva juga menyarankan orang-orang menghindari minuman berkafein selama berbuka puasa dan sahur karena memiliki efek diuretik yang bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

Lebih lanjut mengenai kafein, pakar nutrisi Dr. Rowaidah Idris kepada Arab News pernah menyarankan orang-orang mencoba mengurangi asupan kafein sebulan sebelum Ramadan.

Tetapi, kalau tak bisa melakukannya, meminum air yang cukup selama sahur dan berbuka puasa, tidur cukup dan mengurangi asupan gula serta menghindari makanan tinggi lemak dapat membantu mengatasi gejala ketergantungan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: