Sunyi Menyelimuti Kampung Bali Kota Bekasi Selama Perayaan Hari Nyepi

Sunyi Menyelimuti Kampung Bali Kota Bekasi Selama Perayaan Hari Nyepi

Suasana sunyi di Kampung Bali Kota Bekasi selama Perayaan Nyepi 2023-Tahta Aldo-

Sunyi Menyelimuti Kampung Bali Kota Bekasi Selama Perayaan Hari Nyepi

Suasana sunyi menyelimuti Kampung Bali, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, saat perayaan Nyepi.

Nampak atribut khas Bali, menghiasi area pemukiman rumah warga yang mayoritas ditinggali oleh umat beragama Hindu asli dari Pulau Dewata, Bali.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Gabung PPP, Awiek: Siapa yang Tidak Mau Kedatangan Tokoh Sekaliber Pak Sandi?

Tidak ada satupun masyarakat yang melakukan aktivitas di Kampung Bali Kota Bekasi, selama Perayaan Nyepi sejak pagi hingga malam hari ini.

Ketua RT 011 / RW 09 Kampung Bali Puji Lestari mengatakan, pihaknya telah menutup area akses keluar masuk Jalan Merpati Bali selama Perayaan Nyepi.

Cara itu dilakukan, guna memberikan warga Hindu Bali yang tinggal di pemukiman tersebut dapat beribadah dengan tenang.

"Untuk sementara waktu, pintu akses hanya digunakan satu dan yang satu lagi ditutup agar tidak ada yang lalu lalang selama perayaan Nyepi," kata Puji Lestari saat dikonfirmasi, Rabu 22 Maret 2023.

BACA JUGA:Marhaban Ya Ramadan, 1 Ramadan 1444 Hijirah Jatuh Pada Kamis 23 Maret 2023

Penutupan akses masuk dan keluar di wilayah Kampung Bali Kota Bekasi, dilakukan oleh pengurus sejak dini hari hingga pukul 12.00 WIB besok.

Menurutnya, terdapat 64 kepala keluarga tinggal di Kampung Bali dan sebagian ada yang beragama muslim namun turut menjaga toleransi beragama.

"Ada keluarga yang muslim juga disini, bentuk toleransi mereka turut tidak melakukan aktivitas selama hari raya nyepi," ucapnya.

Sebagian warga yang beragama muslim juga turut menjaga gerbang Kampung Bali Kota Bekasi, membantu keamanan umat Hindu yang menjalankan Perayaan Nyepi.

BACA JUGA:Warung Makan Hingga Restoran di Kabupaten Tangerang Diminta Buka Jam 3 Sore Selama Ramadan

"Kami menjaga toleransi sudah berjalan bertahun-tahun, kalau keluar rumah motor dituntun sampai ke tempat yang aman," ungkapnya.

Hingga malam ini suasana perayaan nyepi di Kampung Bali Kota Bekasi masih sunyi tenang, meski bertepatan dengan umat Muslim yang akan sholat tarawih perdana.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: