Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2023

Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2023

Ilustrasi pemantauan hilal --laman kemenag

Link Live Streaming Sidang Isbat Awal Ramadhan 2023 - Berikut merupakan link live streaming sidang isbat untuk menetapkan 1 Ramadhan 2023/1444 Hijriah.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk Ramadhan/1444 Hijirah pada Rabu, 22 Maret 2023. di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama.

Sidang isbat akan dilaksaakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/kota, bekerjasama dengan peradilan Agama dan Ormas Islan serta instansi lain.

Sidang isbat awal Ramadan 1444 H akan dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI).

BACA JUGA:Sidang Isbat Awal Puasa 2023 Digelar Hari Ini, Kapan Salat Tarawih?

BACA JUGA:Berikut Kumpulan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 1444 Hijriah

Hadir juga Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren. 

Sidang akan dimulai dengan seminar pemaparan posisi hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Kemenag telah menetapkan 124 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. 

Apabla sidang Isbat ditetapkan 1 Ramadhan 1444 H yang jatuh pada besok Kamis, 23 Maret, maka umat Islam mulai menggelar salat tarawih pertama malam ini pada Rabu, 22 Maret 2023.

BACA JUGA:Kapan Puasa Ramadan 1444 H? Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Puasa 22 Maret

BACA JUGA:Bacaan Doa Niat Puasa dan Berbuka Puasa Ramadhan 2023 Beserta Artinya, Jangan Sampai Kelewat

Sementara itu, jauh hari sebelumnya Muhammadiyah telah menetapkan satu Ramadan 1 444 Hijriah pada Kamis 23 Maret 2023. Ini berarti Muhammadiyah akan menggelar salat tarawih malam ini. 

Jika demikian, maka ummat islam Indonesia baik Muhammadiyah maupun Nahdatul Ulama (NU), dan Pemerintah akan menggelar salat tarawih secara bersamaan malam ini, dan menjalankan puasa pertama pada besoknya, Kamis 23 Maret 2023.

Link Live Streaming Sidang Isbat 2023

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: