Sidang Isbat Awal Puasa 2023 Digelar Hari Ini, Kapan Salat Tarawih?

Sidang Isbat Awal Puasa 2023 Digelar Hari Ini, Kapan Salat Tarawih?

Pantau hilal--PMJ news

Sidang Isbat Awal Puasa 2023 Digelar Hari Ini, Kapan Salat Tarawih?- Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat penetapan 1 Ramadan 1444 Hijriah hari ini, Rabu 22 Maret 2023.

Sidang Isbat akan dilaksanakan secara luring di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama. 

Sidang akan dimulai dengan seminar pemaparan posisi hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Kemenag telah menetapkan 124 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. 

Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain. 

BACA JUGA:Kapan Puasa Ramadan 1444 H? Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Puasa 22 Maret

BACA JUGA:Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan 1444 Hijriah Digelar Besok di 123 Titik

Sidang isbat awal Ramadan 1444 H akan dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hadi juga Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren. 

Jika hasil sidang Isbat ditetapkan 1 Ramadan 1444 H jatuh pada besok Kamis 23 Maret, maka umat Islam mulai menggelar salat tarawih pertama malam ini. 

Sementara itu, jauh hari sebelumnya Muhammadiyah telah menetapkan satu Ramadan 1 444 Hijriah pada Kamis 23 Maret 2023. Ini berarti Muhammadiyah akan menggelar salat tarawih malam ini. 

BACA JUGA:Kapan Lebaran? Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 H Hari Ini

BACA JUGA:Kabar Baik Jelang Ramadan, Gaji ke-13 PNS dan THR Segera Cair

Jika demikian, maka ummat islam Indonesia baik Muhammadiyah maupun Nahdatul Ulama (NU), dan Pemerintah akan menggelar salat tarawih secara bersamaan malam ini, dan menjalankan puasa pertama pada besoknya, Kamis 23 Maret 2023.(*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: