Bencana Khudairy

Bencana Khudairy

--

Saudi ikut rugi sangat besar. Hari itu ia kehilangan uang sekitar USD 1,2 miliar.

Al Khudairy seorang konglomerat Saudi Arabia. Ia seorang insinyur lulusan George Washington University di DC. Di samping memiliki Saudi National Bank, ia juga menjadi pimpinan banyak sekali lembaga keuangan di Arab, Emirat, Qatar, dan Kuwait. Ia juga punya bisnis gula di Jeddah. Juga perusahaan kontraktor.

Kini Al Khudairy jadi ''tertuduh'' kambing hitam di Swiss. Tapi memang Begitu banyak skandal yang melibatkan Credit Suisse. Termasuk terkait dengan korupsi terbesar di Malaysia yang melibatkan perdana menteri Najib Razak. Begitu sering terjadi pergantian manajemen di bank itu. Dan kini, bank yang berumur 166 tahun itu, berakhir menjadi anak UBS. Atau sekalian akan disatukan ke dalam UBS.

UBS adalah bank terbesar nomor 3 di Eropa, dengan market cap USD 68 miliar. 

Di ranking dunia, UBS bank terbesar nomor 33. Sedang Credit Suisse nomor 41. 

Bagaimana bank terbesar nomor 41 di dunia bisa rapuh dalam waktu 3 hari. 

Belakangan ranking bank terbesar di dunia memang jungkir balik. Nomor 1 sampai nomor 4 dunia kini sudah diduduki bank dari Tiongkok. Nomor 5 dari Jepang (Bank Mitsubishi Group). Nomor 6 baru dari Inggris (HSBC). Nomor 7 dan 8 baru dari Amerika Serikat (JP Morgan dan Bank of America). Sedang 9 dan 10 dari Prancis.

Credit Suisse juga punya anak usaha di Indonesia: Credit Suisse Indonesia. Lengkap dengan lembaga-lembaga keuangannya. Yang kantornya di Sampoerna Stategic di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta itu.

Sedang UBS bank di Indonesia berkantor di Gedung PKBI nyaris hanya di seberang Credit Suisse.

Pemerintah Swiss sendiri memilih menyelamatkan Credit Suisse lewat UBS. Daripada membiarkannya bangkrut seperti Silicon Valley Bank di Amerika dua minggu sebelumnya. Itu semata lantaran Swiss ingin menjaga reputasinya di dunia keuangan. Di Amerika masih banyak bank sepeninggal SVB. Tapi Swiss tinggal punya UBS. Padahal nama Swiss identik dengan kepercayaan pada banknya. (*)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Gaza Rock

2 bulan

Gaza Ben

2 bulan

Ikut Tidur

2 bulan