DPR RI Desak Pemerintah Hentikan Impor Pakaian Bekas

DPR RI Desak Pemerintah Hentikan Impor Pakaian Bekas

Gedung DPR RI, Senayan- Jakarta. -FIN.CO.ID/Afdal Namakule-

DPR RI Desak Pemerintah Hentikan Impor Pakaian Bekas- Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel desak pemerintah agar menghentikan impor pakaian bekas. 

Menurut Gobel, impor pakaian bekas selain hancurkan industri dalam negeri dan mematikan usaha mikro dan ultra mikori, juga dapat menggerus martabat bangsa.

“Semuanya bisa diproduksi dengan murah di Indonesia tanpa perlu mengimpor, apalagi yang diimpor adalah pakaian bekas. Industri pakaian bukan industri canggih. Impor pakaian bekas harus dihentikan segera," ujar Politisi Partai NasDem ini dalam keterangan tertulis, Kamis 16 Maret 2023. 

Dia berujar, impor pakaian beras harus segera dihentikan lewat regulasi dan dan law enforcement yang tegas. Sebab, jika tidak maka impor pakaian bekas akan terus meningkat. 

BACA JUGA:Bea Cukai Sumatera Utara Gagalkan Peredaran Miliaran Batang Rokok Ilegal dan Ratusan Pakaian Bekas

BACA JUGA: Impor Pakaian Bekas Triliunan Rupiah, DPR: Jadi Sampah, Karena Tak Semua Layak Pakai

Oleh sebab itu, kata dia, Pemerintah diminta tidak boleh membiarkan hal buruk ini terus berlangsung. Terlebih, impor pakaian bekas bertentangan dengan arah kebijakan Presiden Jokowi yang selama ini selalu menekankan pentingnya TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

Gobel melanjutkan, untuk mendapatkan gambaran yang jelas, DPR akan memanggil menteri terkait. Industri tekstil masih sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. 

"Akibat pandemi, belum pulihnya rantai pasok, dan kondisi global yang tidak menentu, ekspor tekstil dari Indonesia turun tajam. Banyak industri tekstil yang terpaksa mem-PHK-kan karyawan dan terancam bangkrut," tutupnya. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: