Kunjungan ke Candi Prambanan Ditutup saat Nyepi 2023, Mulai Rabu hingga Kamis Pukul 06.00 WIB

Kunjungan ke Candi Prambanan Ditutup saat Nyepi 2023, Mulai Rabu hingga Kamis Pukul 06.00 WIB

Umat Hindu melakukan Persembahyangan Tumpek Landep di Pelataran Candi Prambanan beberapa waktu lalu. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto--

Kunjungan Candi Prambanan Ditutup saat Nyepi 2023, Mulai Rabu hingga Kamis Pukul 06.00 WIB

Informasi bagi masyarakat yang ingin bersiwata ke Candi Prambanan, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan dan Ratu Boko melakukan penutupan saat perayaan Nyepi 2023.

Destinasi wisata Candi Prambanan ditutup untuk kunjungan umum saat perayaan Nyepi 2023 pada Rabu 22 Maret 2023 mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan Kamis (23/3) pukul 06.00 WIB.

BACA JUGA:Pendaftaran Mudik Gratis BUMN 2023 Resmi Dibuka, Buruan Daftar Sekarang!

Direktur Utama PT TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Febrina Intan mengatakan, penutupan Candi Prambanan ini sebagai penghormatan kepada umat Hindu.

"Hal ini dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada seluruh umat Hindu, yang merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 di kawasan Candi Prambanan," kata Febrina Intan, Rabu 15 Maret 2023.

Menurut Febrina, TWC sebagai "Indonesia Heritage Management" berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi "heritage and culture" yang berkualitas dan berkelanjutan.

Terdapat empat pilar pengelolaan destinasi wisata yang dilakukan oleh TWC, yaitu edukasi, konservasi, spiritual dan pariwisata.

BACA JUGA:Jokowi: Padahal Kita Bisa Bikin dan Ekspor ke Berbagai Negara, Eh Perlengkapan TNI-Polri Malah Impor

"Spiritual merupakan salah satu pilar pengelolaan destinasi Taman Wisata Candi Prambanan," katanya.

Ia mengatakan, membawa intisari amerta, air kehidupan, umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi dengan melakukan tapa brata, berdiam diri tanpa melakukan aktivitas duniawi apapun.

Sementara, rangkaian kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1945 di Candi Prambanan sudah dimulai pada 21 Maret 2023.

Kegiatan dimulai dengan Upacara Tawur Kesanga yang rencananya diikuti oleh ribuan umat Hindu dari Jawa Tengah dan Yogyakarta.

BACA JUGA:Berbaju Oranye, Ajudan Pribadi Jadi Tersangka Kasus Penipuan Rp 1,3 Miliar

Selain itu, di TWC Candi Prambanan juga diadakan Kirab Pawai Ogoh-Ogoh dan Pangrupukan yang bisa dinikmati oleh wisatawan sebagai "tourism attraction".

"Hal ini turut memberi 'added value experience' bagi pengunjung destinasi, sekaligus menambah atraksi berupa seni pertunjukan bernuansa religius yang bisa dinikmati pengunjung secara umum," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: