Pengakuan Eks Pejabat Bea Cukai Eko Darmanto Soal Kekayaannya hingga Pesawat Pribadi

Pengakuan Eks Pejabat Bea Cukai Eko Darmanto Soal Kekayaannya hingga Pesawat Pribadi

Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto memberikan keterangan kepada wartawan usai memberikan klarifikasi soal LHKPN kepada KPK, Selasa (7/3/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat--

Pengakuan Eko Darmanto Soal Kekayaannya hingga Pesawat Pribadi - Viralnya Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di media sosial berbuntut panjang.

Eko yang sebelumnya menjabat Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta mengaku data pribadinya dicuri dan dikemas seperti sekarang.

"Data saya, yang saya simpan secara private, dicuri kemudian diframing dan beredar seperti rekan-rekan sekalian ketahui," kata Eko di Gedung Merah Putih KPK, Selasa 7 Maret 2023.

BACA JUGA:Jokowi Geram Soal Pejabat Bea Cukai dan Anak Pejabat Ditjen Pajak Pamer Harta, Ini Respon Tegas Sri Mulyani

Eks pejabat Bea Cukai Yogyakarta ini mengatakan, dirinya sama sekali tidak berniat untuk pamer harta kekayaan di media sosial.

Eko juga mengaku sangat mencintai institusinya yaitu Bea Cukai tempatnya bekerja.

"Saya tidak pernah berniat bermaksud untuk pamer harta seperti yang disampaikan secara viral," ujarnya.

Eko pun memberikan klarifikasi terkait isu kepemilikan pesawat yang menjadi perbincangan publik.

BACA JUGA:Jokowi Geram dengan Kasus Pejabat Bea Cukai Eko Darmanto dan Anak Pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu

mantan pejabat Bea Cukai ini menegaskan, dirinya tidak mempunyai pesawat pribadi dan dirinya berfoto di depan pesawat milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

"Terakhir atas isu yang paling sentral, saya tidak punya pesawat, itu merupakan milik FASI dan sudah terklarifikasi dan terkonfirmasi," ujarnya.

Ia pun mengapresiasi KPK yang telah memberikan dirinya kesempatan untuk memberikan klarifikasi soal LHKPN miliknya.

Eko menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas tindakannya yang telah mencederai kepercayaan publik terhadap Direktorat Jenderal Bea Cukai dan Kementerian Keuangan.

BACA JUGA:KPK akan Periksa Eko Darmanto Kepala Bea Cukai Yogyakarta yang Gemar Pamer Harta di Medsos

Sosok Eko Darmanto mendapat sorotan publik lantaran kerap pamer kemewahan lewat unggahan di media sosial, seperti foto di depan pesawat terbang dan foto dengan motor gede (moge).

Gaya hidup mewah pejabat Bea Cukai tersebut memicu kritik dari masyarakat dan mendorong Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan mencopot Eko Darmanto dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap Eko Darmanto.

Terkait unggahan foto yang terlihat pamer tersebut, Eko Darmanto mengakui kesalahannya dan berjanji akan memperbaiki kelakuannya.

BACA JUGA:Pejabat Bea Cukai Jadi Sorotan Publik, Pamer Gaya Hidup Hedon di Medsos

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: