Berikut Cara Cek Nomor Rekening Penipu dan Laporkan

Berikut Cara Cek Nomor Rekening Penipu dan Laporkan

Ilustrasi: HP Android--(Image Credit: Pexels)

Berikut Cara Cek Nomor Rekening Penipu dan Laporkan- Bagi Anda yang gemar belanja produk tertentu di media sosial, perlu teliti ketika hendak melakukan transfer sejumlah uang ke nomor rekening milik orang atau penjual yang tidak dikenal. 

Biasanya melakukan transfer uang ke nomor rekening milik orang yang tidak dikenal terjadi saat Anda melakukan pembayaran barang yagn dibeli di media sosial, misalnya WhatsApp, Facebook, instagram dan lain sebagainya. 

Penjual akan meminta pembeli melakukan transfer ke nomor rekenig pribadinya dengan alasan tidak menggunakan rekening bersama di platform jual beli online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lainnya. 

Pada posisi ini, calon pembeli harus hati-hati dengan kasus penipuan yang kemungkinan akan terjadi. Jika nomor rekening tujuan tidak dikenal, Anda perlu melakukan pengecekan nomor rekening dari penjual tersebut. Bagaimana caranya, berikut di bawa ini:

BACA JUGA:Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank, Klik Disini Mudah Sekali!

BACA JUGA:Cara Transfer Saldo Gopay ke Rekening Bank, Transaksi Jadi Makin Mudah

Cara Cek Nomor Rekening Penipu

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membuat sebuah situs bagi masayarak yang ingin mengetahui nomor rekeing seseorang sebagai penipu atau tidak. Yakni melalui situs  cekrekening.id. 

Di cekrekening.id ini, pengguna bisa langsung mengetahui bahwa nomor rekening seseorang itu penipu atau tidak. Berikut caranya:

1. Masuk ke situs cekrekening.id

2. Isi nomor rekeing tujuan yang ingin dicek.

3 Tulis nomor rekening tersebut d kolom pencarian.

BACA JUGA:Warga Bekasi Wajib Tahu, Begini Cara Dua Pelaku Penguras Rekening Nasabah di ATM

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Shopee Bisa Langsung Cair ke Rekening

4. Pilih Bank atau E-Walet. Jika nomor itu adalah nomor rekening maka Anda haru spilih 'BANK, jika E-Walet maka harus pilih E-Walet. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: