Begini Hasil Investigasi Awal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Oleh Tim Gabungan Polri

Begini Hasil Investigasi Awal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Oleh Tim Gabungan Polri

Kapolri Jenderal Polisi Sigit Listyo Prabowo Saat Memberikan Keterangan Hasil Investigasi Awal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang --Humas Polri Untuk FIN

Begini Hasil Investigasi Awal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Oleh Tim Gabungan Polri

Tim gabungan Polri mulai melakukan investigasi peristiwa kebakaran Depo Pertamina,  Plumpang, Jakarta Utara.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, tim investigasi gabungan dari Polri dan pihak terkait akan mendalami penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

"Baru saja kita dengan tim Pak Kapolda, Kabareskrim Polri, dan tim gabungan investigasi didampingi rekan-rekan Pertamina melakukan pengecekan awal di TKP," kata Sigit di Depo Pertamina Plumpang, Sabtu, 4 Maret 2023.

BACA JUGA:Kapolri: Maksimalkan Penanganan Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Dari tinjauan dan laporan awal yang diterimanya, Sigit mengungkapkan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 20.00 WIB.

Awalnya, kata Sigit, di lokasi itu sedang melakukan pengisian bahan bakar minyak jenis Pertamax, yang dikirim dari Balongan.

"Saat pengisian dari informasi awal yang diterimanya, terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan terjadinya tekanan yang berlebihan," terangnya.

"Setelah itu, terjadilah peristiwa kebakaran," imbuhnya.

Meski begitu, Sigit menekankan, tim investigasi gabungan masih akan terus melakukan pendalaman terkait dengan sumber api awal di lokasi kejadian.

BACA JUGA:Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Kemensos Gerak Cepat Turunkan Tim dan Bantuan

"Tentunya untuk mencari tahu sumber api dari mana, ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim," ujar Sigit.

Lebih dalam, Sigit menyatakan, tim investigasi gabungan melakukan pendalaman dengan meminta keterangan beberapa saksi hingga memeriksa CCTV.

Dengan dilakukannya pendalaman secara komprehensif, kata Sigit, tim investigasi gabungan akan melakukan proses pembuktian dengan Scientific Crime Investigation (SCI).

Saat ini, pihaknya sedang kumpulkan saksi, CCTV, kemudian hal-hal bersifat teknis yang diperlukan.

"Sehingga nanti bisa kita jelaskan secara Scientific Crime Investigation tentang peristiwa yang sebenarnya. Khususnya terkait sumber api yang mengkibatkan terjadinya kebakaran," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: