Mudik Lebaran 2023 Naik Pesawat, Pemudik Wajib Tahu Aturan Berat Barang Bawaan dalam Pesawat

Mudik Lebaran 2023 Naik Pesawat, Pemudik Wajib Tahu Aturan Berat Barang Bawaan dalam Pesawat

Wajib Tahu Nih! Aturan Berat Barang Bawaan Saat Hendak Naik Pesawat --Dok Rikhi Ferdian Untuk FIN

Mudik Lebaran 2023 Naik Pesawat, Pemudik Wajib Tahu Aturan Berat Barang Bawaan dalam Pesawat - Bagi kalian yang ingin mudik lebaran 2023 atau bepergian dengan moda transportasi udara penting mengetahui aturan dan batas berat maksimum barang bawaan.

Batas berat maksimum pada bagasi pesawat haruslah dipatuhi penumpang agar proses boarding dan penerbangan berjalan lancar.

Lion Air Group memberlakukan ketentuan dalam mengatur bagasi bagi penumpang pada kebijakan masing-masing maskapai. Secara umum, ada beberapa hal harus diperhatikan oleh setiap penumpang.

Corproate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menuturkan, setiap maskapai memiliki aturan berbeda tentang batas maksimum bagasi yang dapat dibawa oleh setiap penumpang, baik saat mudik Lebaran 2023 atau pun hari biasa.

BACA JUGA:Cara Mudah Mendapatkan Tiket Mudik Lebaran 2023

Termasuk Lion Air Group, aturan soal bagasi bagi penumpang tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

"Lion Air dan Batik Air kategori kelas ekonomi, jenis pesawat Jet, bagasi tercatat (gratis) maksimal 20 Kilogram dan bagasi yang boleh dibawa ke kabin pesawat maksimal 7 Kilogram," katanya, Minggu 26 Februari 2023.

"Batik Air kelas bisnis jenis pesawat Jet, Bagasi tercatat (gratis) maksimal 30 kilogram dan bagasi kabin 7 Kilogram. Sedangkan Wings Air jenis pesawat Wings Air bagasi Kabin 7 Kilogram," tambahnya.

Dia menjelaskan, bagasi tercatat atau bagasi didaftarkan pada penerbangan adalah jenis bagasi disimpan di dalam kargo pesawat.

BACA JUGA:Mudik Gratis Lebaran 2023, Matahari Bagi-Bagi 1000 Tiket Pesawat, Kereta, dan Bus

Bagasi ini tidak dapat diakses oleh penumpang selama perjalanan udara.

"Bagasi tercatat biasanya lebih berat dan lebih besar dari bagasi kabin dan diberi label kode spesifik (labeling) guna memudahkan proses penanganan," jelasnya.

Danang juga menerangkan, batas maksimum bawa bagasi kelas ekonomi ke pesawat diatur 20kg karena setiap pesawat memiliki batas berat maksimum.

Jika berat pesawat melebihi batas ditetapkan, menjadi tidak stabil. Jumlah dan berat bagasi yang diizinkan bisa mempengaruhi berat, daya angkut dan keseimbangan pesawat.

BACA JUGA:Mudik Gratis Alfamart 2023 untuk Pesawat dan Bus, Begini Syaratnya

"Apabila penumpang membawa lebih banyak bagasi dari yang diperbolehkan, maka berat pesawat dapat melebihi batas sehingga keseimbangan pesawat terganggu," terangnya.

Sedangkan batas maksimum untuk membawa bagasi ke kabin pesawat seberat 7kg, karena ketersediaan tempat penyimpanan kompartemen kabin telah diukur berat 7kg.

"Penumpang wajib memperhatikan berat dan dimensi," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: