Jadi Jantung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, PLN Tegaskan Pasokan Listrik Mencukupi dan Andal

Jadi Jantung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, PLN Tegaskan Pasokan Listrik Mencukupi dan Andal

Energy & Mining Outlook 2023 - PLN Tegaskan Pasokan Listrik Mencukupi dan Andal-PLN-PLN

Jadi Jantung Pertumbuhan Ekonomi Nasional, PLN Tegaskan Pasokan Listrik Mencukupi dan Andal - PT PLN (Persero) mendukung upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemanfaatan energi domestik secara maksimal dan mengurangi ketergantungan atas impor energi. 

PLN memastikan pasokan listrik cukup dan andal. Hal ini juga mendukung upaya memperkuat ketahanan energi nasional.

BACA JUGA:Peringati Hari Sampah Nasional, PLN Ajak Siswa Sekolah di Surabaya Susur Sungai Bersihkan Sampah

BACA JUGA:Suka Cita Risma, Warga Dusun Terpencil di Pelalawan Riau, Tersambung Listrik PLN 24 Jam

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan pemerintah terus mendorong program ketahanan energi nasional. 

Beberapa program yang akan diakselerasi adalah mengurangi impor liquefied petroleum gas (LPG) dan minyak mentah sekaligus mendorong penggunaan kompor listrik untuk masyarakat kelas menengah ke atas (electrifying lifestyle) dan juga peralihan dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

"Saat ini kondisi kelistrikan yang paling aman memang. Oleh karena itu pemerintah mendorong adanya shifting dari energi yang berbasis impor ini ke listrik. Seperti mendorong masyarakat kelas menengah ke atas untuk menggunakan kompor listrik dan mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik," ungkap Djoko dalam Energy & Mining Outlook 2023, Kamis 23 Februari 2023.

Dengan peralihan kompor listrik, Djoko mengungkapkan, keandalan listrik dalam negeri PLN saat ini akan lebih maksimal dimanfaatkan. Ketergantungan atas impor LPG juga bisa ditekan.

BACA JUGA:PLN Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2023, Wujud Komitmen Pengelolaan Lingkungan dan Berkelanjutan

BACA JUGA:Pertama di Kota Payakumbuh, PLN Hadirkan SPKLU Fast Charging

"Memang, dari segi ketahanan, listrik aman. Tapi kita belum masuk dalam tahap ketahanan energi, karena kita masih ada komoditi impor itu tadi, minyak mentah, LPG dan bensin," kata Djoko.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa listrik PLN sangat siap untuk memenuhi kebutuhan segala sektor, baik rumah tangga, bisnis, hingga industri.

"Kami menyadari listrik merupakan jantung dari gerak roda ekonomi nasional, untuk itu kami komitmen siap memenuhi kebutuhan listrik untuk seluruh pelanggan," tutur Darmawan.

Pada acara Energy & Mining Outlook 2023, Executive Vice President Perencanaan Strategis Pembangkitan PLN, Iwan Utama menegaskan bahwa PLN juga siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menjalankan electrifying lifestyle.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: