Berikut Lafaz Niat Puasa Qadah Ramadan Disertai Artinya

Berikut Lafaz Niat Puasa Qadah Ramadan Disertai Artinya

Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh Oktober 2023 dan keutamaannya. (Ilustrasi puasa) --pexels/gebbyk

Berikut lafaz niat puasa Qadah Ramadan disertai artinya- Puasa Qadah Ramadan hukumnya wajib bagi ummat islam untuk mengganti puasa Ramadan yang pernah ditinggalkan dengan alasan syarih. 

Qadah puasa Ramadan jangan diremehkan karena merupakan 'hutang' yang harus dibayar. Qodho puasa tetap wajib ditunaikan berdasarkan firman Allah Ta’ala:

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185). 

Juga berdasarkan hadits dari ‘Aisyah,

كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ.

“Kami dulu mengalami haidh. Kami diperintahkan untuk mengqodho puasa dan kami tidak diperintahkan untuk mengqodho’ shalat.” (HR. Muslim no. 335). 

BACA JUGA:Bisakah Gabung Niat Qadah Ramadan dan Puasa Syaban? Simak Penjelasan Ulama Berikut

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Muda Puasa? Kenali Dulu Risikonya

Oleh karenanya, bagi yang dahulunya haidh atau alasan lainnya dan belum melunasi utang puasanya sampai saat ini selama bertahun-tahun, maka segeralah tunaikan. Jangan sampai menunda-nunda.

Lafaz niat Qadah Puasa Ramadan:

Dilansir dari laman NU yang dinukil dari pendapat Mazhab Syafi’i yang diterangkan oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna’-nya sebagai berikut: 

ويشترط لفرض الصوم من رمضان أو غيره كقضاء أو نذر التبييت وهو إيقاع النية ليلا لقوله صلى الله عليه وسلم: من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له. ولا بد من التبييت لكل يوم لظاهر الخبر. Artinya, “Disyaratkan memasang niat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. 

Syarat ini berdasar pada hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, tidak ada jalan lain kecuali berniat puasa setiap hari berdasar pada redaksi zahir hadits,” (Lihat Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, [Darul Fikr, Beirut: 2007 M/1428 H], juz II). 

BACA JUGA:Kapan Puasa 2023 Dimulai? Cek Perkiraannya di Sini

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: