Penumpang Berjubel di Stasiun Manggarai, DJKA Bangun Tangga Tambahan di Ujung Peron

Penumpang Berjubel di Stasiun Manggarai, DJKA Bangun Tangga Tambahan di Ujung Peron

Sejumlah penumpang KRL berjalan di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/2/2023). Manajemen PT KAI Commuter Indonesia (KCI) menambah sebanyak 31 pengumpan (feeder) sebagai antisipasi kepadatan penumpang transit di Stasiun Manggarai terutama pada jam sibuk--

Penumpang Berjubel di Stasiun Manggarai, DJKA Bangun Tanggai Tambahan di Ujung Peron - Kabar baik bagi Anda pengguna kereta api commuter line atau Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang biasa berjubel di Stasiun Manggarai.

Kementerian Perhubungan lewat DJKA bakal mengurai kepadatan penumpang Stasiun Manggarai Jakarta.

Untuk mengurai kepadatan di Stasiun Manggarai, DJKA bakal membangun tangga tambahan di ujung peron.

BACA JUGA:KRL Kampung Bandan-Manggarai Anjlok, KCI Rekayasa Pola Operasi

Tujuannya, untuk menambah alternatif akses kepada penumpang di Stasiun Manggarai.

Direktur Prasarana Perkeretaapian DJKA Kemenhub Harno Trimadi meminta doa dan dukungan masyarakat agar tangga tambahan di Stasiun Manggarai dapat terealisasi.

"Untuk menjawab keresahan pengguna kereta api dalam melakukan transit di Stasiun Manggarai," kata Harno, Selasa 21 Februari 2023.

Harno melanjutkan, DJKA secara aktif merangkul komunitas pecinta kereta api untuk menjaring masukan terkait pembangunan fasilitas di Stasiun Manggarai.

BACA JUGA:Positif Covid Massal Warnai Hari Pertama Sekolah di China

"Kami juga sudah melibatkan rekan-rekan penyandang disabilitas untuk bersama-sama mengevaluasi pembangunan Stasiun Manggarai sehingga dapat lebih inklusif dan nyaman digunakan oleh semua kalangan," ucap Harno.

Kepadatan penumpang yang terjadi di Stasiun Manggarai banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta Rode Paulus menyebutkan, kepadatan di Stasiun Manggarai hanya terjadi pada jam-jam tertentu saja.

"Kalau dilihat secara langsung di lapangan, kepadatan tersebut tidak terjadi sebagaimana diberitakan di media sosial. Betul peron agak padat saat kereta datang namun akan segera terurai, tidak 'stuck'," kata Rode.

BACA JUGA:Syarat Mudik Lebaran 2023 Naik Kereta Api Wajib Sudah Booster atau Dosis Penguat

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan yang terjadi di Stasiun Manggarai baik dari kepadatan penumpang maupun pembangunan yang sedang berjalan.

"Pembangunan ini tidak boleh mengganggu operasional kereta api sehingga ada tahapan-tahapan ketika kita merenovasi rumah ada tahapan-tahapan titik kritisnya atau masa-masa yang mungkin kurang menyenangkan dan itu kami juga mohon maaf atas kondisi saat ini karena penumpang pasti merasakan kondisi yang kurang nyaman saat ini di mana pada jam-jam tertentu ada kepadatan, ada 'crowded', kata Rode.

Oleh karena itu, ia pun meminta masyarakat agar turut serta mendukung dan menjaga fasilitas di Stasiun Manggarai yang saat ini sedang dibangun.

"Kami juga mengajak rekan-rekan sekalian untuk saling mengingatkan dan berhati-hati terutama saat melangkah keluar kereta agar tidak terjadi lagi penumpang terperosok ke dalam celah peron," tuturnya.

BACA JUGA: Mudik Gratis Kemenhub 2023 Dibuka 1 Maret, Kuota 46.720 Orang dan 10.440 Motor

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: