Pendaftaran SNBP 2023: Siswa Jangan 'Janjian' Masuk ke Satu Jurusan dan Perguruan Tinggi

Pendaftaran SNBP 2023: Siswa Jangan 'Janjian' Masuk ke Satu Jurusan dan Perguruan Tinggi

Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2023 adalah tim yang dibentuk oleh Mendikbudristek untuk mempersiapan seleksi masuk PTN . Tim ini bertanggung jawab kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi--

Sosialisasi Pendaftaran SNBP 2023 DimulaiSosialisasi Pendaftaran SNBP 2023 atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi dilaksanakan secara online Selasa, 14 Februari 2023.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau pendaftaran SNBP 2023 adalah pengganti SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2022. 

Sosialiasi Pendaftaran SNPB 2023 disampaikan langsung oleh Ketua Pelaksana Eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Budi Prasetyo Widyobroto. 

BACA JUGA:Pendaftaran SNBP 2023 Dibuka, Ini Fakultas Paling Banyak Menerima Mahasiswa

Dalam pendaftaran SNBP 2023 tersebut, Budi meminta para siswa atau calon mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk teliti dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi negeri.

“(Pendaftaran) SNBP 2023 itu pada 2022 namanya SNMPTN. Artinya memang diperuntukkan untuk yang berprestasi,” katanya dalam Sosialisasi Pendaftaran SNBP 2023 di Jakarta, Selasa 14 Februari 2023.

Ia menyampaikan, walaupun para siswa sudah memenuhi syarat pendaftaran SNBP 2023, namun siswa tetap harus melihat situasi dan kondisi di sekolahnya. 

Budi memberikan contoh, jika siswa harus melihat peringkat di sekolah dan dibandingkan dengan siswa lainnya yang juga akan melakukan pendaftaran SNBP 2023. 

BACA JUGA:Cara Daftar SNBP 2023, Dibuka Sore Ini

Jika siswa ranking pertama di sekolah, maka siswa bisa bebas dalam melakukan pendaftaran SNBP 2023 dengan jurusan dan memilih perguruan tinggi. 

Hal ini sesuai yang diinginkan oleh siswa tersebut karena berpeluang besar untuk diterima di perguruan tinggi negeri.

Tapi, jika siswa hanya peringkat ke-9 dari total pendaftar SNBP 2023, maka siswa tersebut wajib mengetahui jurusan dan perguruan tinggi yang akan didaftar oleh siswa peringkat ke-1 sampai ke-8.

Alasannya, jika siswa yang peringkat ke-9 mendaftar di jurusan dan perguruan tinggi yang sama dengan siswa lain, peluang untuk lolos akan sangat kecil.

BACA JUGA:Tes Potensi Akademik Ditiadakan di SNPMB 2023, Diganti Tes Potensi Skolastik

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: