Mengenal Pengertian Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Menurut Ahli

Mengenal Pengertian Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Menurut Ahli

Ilustrasi karakteristik kualitatif laporan keuangan.-intuitiveaccountant.com-

Mengenal pengertian karakteristik kualitatif laporan keuangan menurut ahli - Tak ada salahnya untuk mengenal pengertian karakteristik kualitatif laporan keuangan menurut sejumlah ahli.

Kualitatif laporan keuangan begitu penting dalam menjalankan sebuah bisnis di dalam perusahaan yang sedang berjalan.

Karena dengan adanya laporan keuangan bisa jadi pegangan bagi perusahaan untuk mengetahui hasil pemasukan dan pengeluaran.

Laporan keuangan dibikin supaya dapat menyuguhkan informasi perihal performa bisnis dan bisa berguna dalam mengambil keputusan perusahaan.

BACA JUGA:Pinjaman KUR BRI 2023 Kapan Dibuka? Bisa Pinjam Sampai Rp500 Juta, Syaratnya Begini

Pengertian Laporan Keuangan

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, tak ada salahnya pula untuk mengetahui pengertian laporan keuangan yang begitu penting untuk perusahaan.

Menurut buku Analisis Laporan Keuangan karya Kasmi (2018:7) laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada saat ini atau dalam suatu periode tertentu.

Sedangkan dalam buku Analisis Laporan Keuangan karya Irham Fahmi (2017:2) laporan keuangan merupakan suatu informasi yang menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan, dan lebih jauh informasi tersebut dapat dijadikan sebagai gambaran kinerja keuangan perusahaan tersebut.

BACA JUGA:KUR BNI 2023 Kapan Dibuka? Simak Persyaratan Hingga Cara Daftar Disini! Dapatkan Maksimal Kredit Rp500 Juta

Karakteristik kualitatif laporan keuangan adalah ukuran-ukuran normatif yang perlu diwujudkan dalam informasi akuntansi sehingga dapat memenuhi tujuannya.

Karakteristik yang merupakan prasyarat normatif yang diperlukan agar laporan keuangan pemerintah dapat memenuhi kualitas yang dikehendaki adalah relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami.

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan


Ilustrasi Rencana Mengatur Keuangan--Google Photos

Menurut buku Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi karya Dwi Prastowo (2011:7) karakteristik kualitatif laporan keuangan merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keuangan berguna bagi para pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

BACA JUGA:bank bjb Pastikan Kasus Pencurian Uang oleh Oknum Pegawai Cabang Pangandaran Sudah Diproses Polda Jabar

Karakteristik kualitatif laporan keuangan ini meliputi:

1. Dapat Dipahami

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: