Bansos PKH Plus 2023 Cair Rp2 Juta, Menyasar 55 Ribu Keluarga Penerima Manfaat di Jawa Timur

Bansos PKH Plus 2023 Cair Rp2 Juta, Menyasar 55 Ribu Keluarga Penerima Manfaat di Jawa Timur

Sejumlah KPM PKH graduasi penerima bantuan pengembangan yang diserahkan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini saat kunjungan kerja di Pendopo Bupati Indramayu, November silam.--

Dana PKH Plus 2023 Cair Rp2 Juta - Program Keluarga Harapan (PKH) Plus yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyasar sebanyak 55 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) di tahun 2023 ini. 

"Per KPM akan diberikan tunjangan Rp2 juta untuk satu tahun. Penyerahan (bansos pkh) dilakukan sebanyak empat kali, masing-masing Rp500 ribu per triwulan," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Sabtu 11 Februari 2023.

BACA JUGA:Link Cek Bansos https://cekbansos.kemensos.go.id/ PKH, BLT BBM dan Bansos BPNT Cair Bulan Ini

Tahun lalu, program bansos PKH ini menargetkan sebanyak 50 ribu KPM. Sasaran utamanya adalah warga lanjut usia (lansia) kurang mampu.

Dalam Forum Peningkatan Capacity Building Sumber Daya Manusia (SDM) PKH Plus di Surabaya tadi malam, Gubernur Khofifah mengajak seluruh pendamping meningkatkan intervensi pada keluarga yang rentan secara ekonomi di Jatim secara komprehensif.

"Pemprov Jatim telah menyiapkan sejumlah program untuk memenuhi berbagai kebutuhan KPM. Salah satunya tahun ini memberi bantuan sebanyak 250 kursi roda bagi lansia tidak mampu," ujarnya.

Secara reguler, mantan Menteri Sosial itu memastikan telah melakukan evaluasi monitoring terhadap KPM yang membutuhkan tambahan intervensi semisal rumah tinggal layak huni.

BACA JUGA:Cek Bansos PKH, BLT BBM dan Bansos BPNT Cair Bulan Ini, Nilainya Rp200 Ribu sampai Rp3 Juta, Ini Linknya

"Kami berharap program ini menjadi bagian dari proses pendekatan kepada para lansia kurang mampu secara komprehensif," katanya.

Khofifah tak lupa mengapresiasi relawan pendamping PKH Plus yang telah mengiringi empat tahun kepemimpinannya di Jatim bersama Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. Menurutnya, pengabdian para pendamping PKH Plus untuk masyarakat rentan tidak pernah berhenti.

"Hubungan saya dengan pendamping PKH Plus terasa begitu dekat, bahkan saat saya masih menjadi Menteri Sosial sampai sekarang. Februari ini juga menandai empat tahun kepemimpinan kami di Jatim dan pendamping PKH Plus masih setia menemani untuk menjangkau layanan sosial khususnya bagi lansia kurang mampu," katanya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: