Kabupaten Bekasi Punya Pabrik Daur Ulang Botol Plastik, Diresmikan Luhut Lho...

Kabupaten Bekasi Punya Pabrik Daur Ulang Botol Plastik, Diresmikan Luhut Lho...

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan saat persemian pabrik daur ulang botol di Kabupaten Bekasi.--

Kabupaten Bekasi Punya Pabrik Daur Ulang Botol Plastik - Kabupaten Bekasi kini mempunyai pabrik daur ulang botol plastik jenis Polyethylene Terephthalate (PET) Amandina Bumi Nusantara, di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC).

Pabrik daur ulang di Kota Deltamas, Desa Cicau, Cikarang Pusat itu, telah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada Rabu 8 Februari 2023.

BACA JUGA:Info Penting! Tol Jakarta-Cikampek Buka Tutup, Mulai Malam Ini hingga Jumat Pagi

Pejabat (PJ) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, adanya pabrik daur ulang tentunya dapat mengurangi beban pengelolaan sampah daerah.

"Nanti khusus untuk sampah botol plastik, tidak ada yang masuk ke TPA Burangkeng, itu lumayan bisa mengurangi beban kita dalam pengelolaan sampah," kata Dani Ramdan saat dikonfirmasi, Kamis 9 Februari 2023.

Menurutnya, sebanyak 300 bank sampah di wilayah Kabupaten Bekasi telah terkoneksi dengan pabrik daur ulang botol plastik.

Dari ratusan bank sampah yang sudah resmi bekerja sama, 50 diantaranya sudah mampu menyuplai botol-botol plastik ke pabrik pengelolaan.

BACA JUGA:Antisipasi Kebakaran Hutan, Instruksi Kapolri pada Kapolda: Aktifkan Lagi Satgas Karhutla

"Yang harus kita tingkatkan lebih banyak bank sampah yang terkoneksi ke sini, sehingga daya serap untuk sampah plastik, khususnya botol ini, bisa lebih besar dan tidak ada yang masuk ke TPA," ucapnya.

Dani Ramdan menjelaskan, adanya kerja sama dapat menghasilkan pemasukan tinggi dan membuat sampah plastik berkurang.

"Pabriknya akan terus berkembang dan sampah kita sedikit demi sedikit akan terus terkurangi," jelasnya.

Selain itu, Dani Ramdan meminta pihak manajemen PT. Amandina Bumi Nusantara selaku pengelola untuk merekrut tenaga kerja warga asli dari Kabupaten Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: