Berikut Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Berikut Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor (Pixabay)--

Daun kelor juga dikenal ampuh menjaga kesehatan jantung. Ekstrak daun kelor bisa digunakan untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh dan tekanan darah. 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan jantung juga berasal dari kandungan antiradang dan antioksidan di dalamnya yang mampu mengurangi bahaya oksidasi, yaitu salah satu pemicu gangguan pada jantung.

3. Melancarkan produksi ASI

Manfaat daun kelor untuk ibu menyusui adalah melancarkan prodksi air susu Ibu. 

Ekstrak daun kelor mengandung senyawa yang diketahui dapat melancarkan produksi ASI. 

Oleh karena itu, jika ASI sedikit, ibu menyusui bisa memanfaatkan tanaman herbal yang satu ini.

Menurut hasil sebuah studi klinis, konsumsi daun kelor pada ibu menyusui dinilai aman bagi bayi yang disusui. 

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Daun kelor juga dikenal sebagai tanaman herbal untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebab daun kelor memiliki banyak kandungan vitamin C yang mempu meningkatkan imunitas.

Ekstrak daun kelor diketahui mampu menghambat pertumbuhan berbagai bakteri, seperti Escherichia coli, Streptococcus aureus, dan Streptococcus pneumonia, yang dapat menyebabkan infeksi di saluran pencernaan, kulit, serta paru-paru.

5. Menjaga kesehatan kulit

Menurut beberapa penelitian, ekstrak daun kelor mengandung asam oleat yang dapat melembapkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dan antiradang dalam daun kelor dapat meredakan peradangan akibat jerawat.

6. Mengatasi anemia

Berkat kandungan vitamin C yang tinggi, daun kelor dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan maupun suplemen. Selain itu, tanaman herbal ini sendiri juga mengandung zat besi.

Oleh karena itu, daun kelor bisa menjadi pilihan makanan bagi penderita anemia, khususnya yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: