Gempa Turki Telan Korban Jiwa Lebih dari 3.380 Orang, Kemlu: 104 WNI Berhasil Dievakuasi

Gempa Turki Telan Korban Jiwa Lebih dari 3.380 Orang, Kemlu: 104 WNI Berhasil Dievakuasi

Tim penyelamat membawa seorang gadis dari bangunan yang runtuh pascagempa di Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023). Ratusan orang di Turki dan Suriah meninggal dunia akibat gempa bumi bermagnitudo 7,8 yang mengguncang kedua negara bertetangga itu. ANTARA FO--

Gempa Turki Telan Korban Jiwa Lebih dari 3.380 Orang, Kemlu: 104 WNI Berhasil Dievakuasi - Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,7 yang menguncang Turki menyebabkan 3.381 orang lebih tewas.

Selain itu lebih dari  20.426 orang lainnya yang menderita luka-luka dan tersebar di 10 provinsi Turki kata seorang pejabat dari badan bencana, Selasa, 7 Februari 2023.

Diketahui dua guncangan gempa besar terjadi di Turki pada Senin, 6 Februari 2023. Pada Senin dini hari, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang distrik Pazarcik provinsi Kahramanmaras.

Gempa Turki selanjutnya terjadi dengan berkekuatan M 7,6 yang berpusat di distrik Elbistan di Kahramanmaras mengguncang wilayah tersebut.

BACA JUGA:Update Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Capai 3000 Orang

BACA JUGA:Pesawat Pilatus Porter Susi Air Terbakar Usai Mendarat di Papua

Kedua gempa tersebut memengaruhi beberapa provinsi lainnya, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Gempa juga dirasakan di beberapa negara di kawasan, termasuk Lebanon dan Suriah.

Manajer umum pengurangan risiko dari Kepresidenan Manajemen Bencana dan Gawat Darurat (AFAD), Orhan Tatar menjelaskan sebanyak 5.775 bangunan runtuh akibat Gempa Turki.

"Saat ini, lebih dari 24.000 anggota penyelamat saat ini sedang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan," katanya.

BACA JUGA:Korban Meninggal Dunia Gempa Turki Mencapai Ribuan Orang

BACA JUGA:Penetapan Lebaran 2023 Muhammadiyah dan Pemerintah Beda

Turki akan berkabung nasional selama tujuh hari setelah gempa bumi yang mematikan.

Kemlu Berhasil Evakuasi 104 WNI

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) berhasil mengevakuasi 104 warga negara Indonesia yang terdampak Gempa Turki.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: anadolu via antara