Tilang Elektronik Mulai Diterapkan di Kabupaten Tangerang, Dalam Sepekan 150 Pelanggar Lalu Lintas Terjaring

Tilang Elektronik Mulai Diterapkan di Kabupaten Tangerang, Dalam Sepekan 150 Pelanggar Lalu Lintas Terjaring

Kasatlantas Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah --Dok

Tilang elektronik mulai diterapkan di Kabupaten Tangerang, dalam sepekan 150 pelanggar lalu lintas terjaring - Tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) mulai diterapkan di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kasatlantas Polresta Tangerang Kompol Fikri Ardiansyah mengatakan, tilang elektronik berbasis mobile itu sudah mulai diterapkan sejak awal Februari 2023.

"Iya, sejak sepekan lalu tilang elektronik atau ETLE mobile sudah mulai diterapkan. Tapi sebenarnya saat ini masih tahap uji coba," kata Fikry kepada FIN, Selasa 7 Februari 2023.

Dia menjelaskan, ETLE mobile yang digunakan Satlantas Polresta Tangerang, yakni berupa gawai yang sudah dipasangi aplikasi tilang elektronik.

ETLE mobile itu dibawa oleh personel yang bertugas untuk me-record pelanggar lalu lintas di jalan raya. Kemudian data pelanggar akan dikirimkan ke perangkat komputer yang ada di Mapolres.

"Setelah pelanggar ini tertangkap kamera dan terkonfirmasi melanggar lalu lintas, surat tilang akan langsung dikirim ke alamat masing-masing," terangnya.

"Pelanggar yang sudah menerima surat tilang bisa langsung datang ke Satlantas Polresta Tangerang," sambungnya.

Fikry menyebut, sepekan sejak tilang elektronik diterapkan ada sekitar 150 pengendara yang terekam melakukan pelanggaran lalu lintas.

Mayoritas pelanggaran dilakukan oleh pengendara roda dua seperti tidak menggunakan helm dan melawan arus.

"Ada juga pelanggaran lalu lintas oleh pengendara roda empat karena menggunakan safety belt dan menggunakan ponsel saat berkendara," tuturnya.

Dia berharap, dengan diterapkannya tilang elektronik tersebut masyarakat bisa lebih tertib dalam berkendara dan semakin patuh pada aturan lalu lintas.

"Dengan diterapkannya ETLE Mobile ini kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan saat berkendara, juga semakin meningkat," pungkasnya.




DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: