Dear Moms, Begini Cara Memilih Sayuran yang Baik, Jangan Sampai Salah Beli ya!

Dear Moms, Begini Cara Memilih Sayuran yang Baik, Jangan Sampai Salah Beli ya!

Ilustrasi - Cara Memilih Sayuran yang Baik (Pexels)--

Dear Moms, begini cara memilih sayuran yang baik, jangan sampai salah beli ya - Memilih sayuran, meski terlihat mudah, namun sebenarnya belum semua kaum ibu memahami, sayuran seperti apa yang baik dan segar. 

Ada berbagai macam sayuran, baik sayuran biasa hingga sayuran organik. Semuanya memiliki kadar gizi yang diperlukan tubuh, asalkan sayuran itu dalam kondisi baik dan masih segar. 

BACA JUGA:Definisi Influencer: Pengertian, Jenis, Tugas, dan Manfaatnya

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dijelaskan bahwa sayuran memiliki banyak nutrisi. Di antaranya potasium, asam folat, serat makanan, vitamin A, vitamin E, hingga vitamin C.

Namun demikian, untuk menjaga agar Anda mendapatkan gizi yang seimbang, Anda harus bisa memilih sayuran tersebut. 

Berikut adalah cara memilih sayuran yang baik, dikutip dari berbagai sumber:

1. Warna sayuran cerah

Carilah sayuran yang masih memiliki warna cerah. Pasalnya jika sayuran sudah berganti warna, misal bayam yang berwarna hijau sudah berganti menjadi warga cokelat, tentu nutrisi yang dikandung sayuran bayam itu sudah berkurang. 

2. Sayuran masih segar dan tidak layu

Sayuran haruslah masih segar dan tidak layu. Kesegaran itu menandakan bahwa sayuran itu masih baru. Jika sayuran sudah lama, maka teksturnya juga berubah menjadi layu. 

BACA JUGA:4 Cara Menghindari Orang Toxic dan Penjelasan Apa Itu Toxic People

Biasanya sayuran yang sudah layu, selain rasanya sudah berubah nutrisinya juga sudah berkurang. 

3. Sayuran bebas pestisida

Beberapa jenis sayuran memang sering kali harus disemprot pestisida, terutama jenis-jenis tertentu yang rawan diserang hama. 

Untuk membedakan sayuran itu bebas pestisida atau tidak, caranya cukup mudah. Jika anda menjumpai sayuran yang daunnya bolong dimakan ulat, maka sejatinya hal itu menandakan sayuran tersebut bebas dari pestisida.

4. Sayuran belum dibersihkan

Cari sayuran yang masih berakar dan belum dibersihkan. Hal itu bertujuan agar kandungan air di dalamnya tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Cek Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Februari 2023 di Sini, Lengkap Tulisan Arab Bersama Artinya

Biasanya sayuran yang masih memiliki kandungan air, vitaminnya juga masih banyak. Hal ini tentu baik untuk nutrisi tubuh. 

5. Sayuran tidak keriput

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: