Guru Besar Esa Unggul Bicara Soal Hari Kanker 2023

Guru Besar Esa Unggul Bicara Soal Hari Kanker 2023

Kanker, Image oleh mohamed_hassan dari Pixabay--

Dilansir dari laman World Cancer Day, tema dari 3 tahun kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kurangnya kesetaraan dalam perawatan kanker yang terjadi di dunia”, papar Prof. Maksum.

 

BACA JUGA:Siapa Saja Bisa Kena Kanker Usus Besar? Kenali Risiko Anda

 

Penyakit kanker

 

Prof. Maksum menjelaskan bahwa kanker adalah sebuah kondisi terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal di dalam tubuh penderitanya yang tidak bisa dikendalikan.

 

“Kanker ini muncul sebagai akibat dari pertumbuhan sel-sel yang abnormal, dimana pertumbuhan sel abnormal ini umumnya membentuk benjolan umum yang dikenal dengan istilah tumor atau kanker jinak. 

 

Benjolan ini merupakan bentuk dari pertumbuhan sel abnormal pada semua jenis kanker, kecuali kanker darah. Sel kanker ini timbul dan berasal dari mutasi atau perubahan materi genetik seseorang. 

 

Kanker menjadi salah satu penyakit yang jarang sekali diwariskan dari orangtua pada anaknya. Sebagian besar kasusnya muncul seiring dengan berjalannya waktu sesuai dengan pola hidup masing-masing individu”, urainya.

 

Prof. Maksum menambahkan bahwa mutasi genetik dan penyakit kanker dipicu oleh berbagai faktor antara lain oleh adanya transformasi sel normal menjadi sel tumor dalam proses karsinogenesis. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: