Guru Besar Esa Unggul Bicara Soal Hari Kanker 2023

Guru Besar Esa Unggul Bicara Soal Hari Kanker 2023

Kanker, Image oleh mohamed_hassan dari Pixabay--

 

“Hari Kanker Sedunia diresmikan pada World Summit Against Cancer pertama pada tahun 2000. Acara tersebut berlangsung di Paris dan dihadiri oleh anggota organisasi kanker dan para pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia. Sebuah dokumen 'Piagam Paris Melawan Kanker', menampilkan 10 artikel, telah disepakati dan ditandatangani, berisikan komitmen global untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas hidup pasien kanker. Selain itu juga upaya untuk mendorong berbagai penelitian, serta upaya pencegahan dan pengobatan kanker. Dalam piagam ini secara resmi dideklarasikan Hari Kanker Sedunia yang diperingati pada setiap tanggal 4 Februari”, ungkapnya.

 

Prof. Maksum menambahkan bahwa Hari Kanker Sedunia merupakan upaya para ahli dan pemerhati masalah kanker di seluruh dunia bersatu guna melawan epidemi kanker secara global, yang bertujuan untuk mencegah jutaan kematian setiap tahunnya dan  meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker, serta mendesak pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk bekerjasama melawan penyakit kanker.

 

BACA JUGA:Kemenkes Gunakan Metode HPV DNA untuk Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

 

Tema dan makna Hari Kanker Sedunia tahun 2023

 

Menurut Prof. Maksum Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari tiap tahun di seluruh dunia ini merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. 

 

“Tujuannya adalah untuk menginformasikan dan mendorong pemahaman masyarakat tentang pencegahan, deteksi dini, dan pengobatannya. Adapun tema Hari Kanker Sedunia tahun 2023 adalah "Close the Care Gap" yang artinya 'Tutup Kesenjangan Perawatan'. 

 

Dipilihnya tema ini untuk menegaskan kepada setiap orang bahwa setiap individu dapat berkontribusi untuk mengurangi dampak penyakit kanker. Tema Hari Kanker Sedunia 2023 ini merupakan tema tahun kedua, dimana tema ini telah dicanangkan sama selama 3 tahun sejak tahun 2022 yang lalu. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: