Main di Liga 2 Belgia, Aji Santoso Beri Pesan ke Marselino Ferdinan

Main di Liga 2 Belgia, Aji Santoso Beri Pesan ke Marselino Ferdinan

Momen Marselino Ferdinan melewati pemain lawan saat Timnas Indonesia U-20 vs Turki U-20..-pssi.org-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Marselino Ferdinan sudah resmi menjadi bagian dari klub sepak bola Belgia KMSK Deinze.

Pelatih Persebaya Aji Santoso memberi pesan untuk Marselino Ferdinan agar bisa mandiri dan profesional saat bermain di Liga 2 Belgia.

BACA JUGA:Thomas Doll: Persija Jakarta akan Persembakan Kemenangan Lawan Rans Nusantara FC untuk Benny Dollo

BACA JUGA:Gol Egy Maulana Vikri Belum Mampu Bawa Dewa United Raih Kemenangan

"Marsel harus bisa mandiri, tidak boleh home sick, istilah Jawanya tidak boleh mbok-mboken, harus disiplin, profesional, mengatur diri dan selalu tampil bagus," ujar Aji, Kamis, 2 Februari 2023.

Menurut Aji, bermain di Eropa itu tidak mudah karena persaingannya sangat ketat dan level sepak bolanya juga sudah tinggi meskipun Marselino bermain di kasta kedua Liga Belgia.

"Meskipun bermain di Liga 2 Belgia, menurut Marsel dan agennya, KMSK Deinze memilik target untuk bisa promosi pada musim depan," kata dia.

Selain itu, mantan pemain Tim Nasional Indonesia tersebut juga akan terus memberi dukungan bagi anak asuhnya terutama yang mempunyai jenjang karir panjang untuk bermain di Liga Eropa.

BACA JUGA:Arab Saudi Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2027

"Saya support karena main di luar negeri itu saya yakin menjadi impian para pemain, pastinya bermain di sana itu berat, tapi demi kemajuan karir pemain itu bagus," kata dia.

Tetapi, kata dia, dirinya tidak akan melepas jika hanya berkompetisi di Asia Tenggara, pemain tersebut harus bermain di Liga Eropa, Jepang ataupun Korea Selatan.

"Saya akan memberi rekomendasi kepada manajemen seperti Marsel, tetapi jika hanya di Asia Tenggara tidak, karena sepak bola Indonesia tak kalah kualitasnya dengan negara-negara di Asia Tenggara, selain itu masalah finansial juga tidak kalah dengan klub di Indonesia," kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Terlebih, menurut dia, Persebaya juga tim yang memiliki rencana cukup bagus dan secara organisasi manajemennya juga bagus.

BACA JUGA:PSG Gagal Kontrak Hakim Ziyech dari Chelsea, Ini Penyebabnya

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: