Puasa Ramadhan 1444 H Tanggal Berapa? Klik Disini Untuk Informasi Seputar Ramadhan 2023

Puasa Ramadhan 1444 H Tanggal Berapa? Klik Disini Untuk Informasi Seputar Ramadhan 2023

Puasa Ramadhan 2023--Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bulan puasa atau bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu umat muslim, Ramadhan 2023 akan tiba sebentar lagi hal ini membuat banyak orang bertanya tanya mengenai Puasa Ramadhan 1444 H Tanggal Berapa?

Artikel ini akan membahas informasi terkait ramadhan 2023, untuk itu pastikan kamu mebaca artikel ini sampai selesai.

BACA JUGA:Ramadhan Berapa Hari Lagi? Klik Disini Untuk Mendapatkan Informasi Seputar Ramadhan 2023

Bulan puasa atau bulan ramadhan merupakan bulan yang suci, pada bulan ini umuat muslim melakukan ibadah puasa wajib.

Dalam kalender hijriah bulan ramadhan merupakan bulan ke sembilan. Pada bulan Ramadhan, Seluruh umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa.

Puasa Ramadhan hukumnya fardhu atau wajib untuk Muslim dewasa, kecuali ia mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, sudah tua, dalam perjalanan, menyusui, diabetes, hamil, atau perempuan yang sedang mengalami menstruasi.

BACA JUGA:Niat Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Keutamaannya

Meskipun Sebenarnya pemerintah belum melangsungkan sidang isbat namun 1 Ramadhan tahun 2023 atau Puasa Ramadhan 1444 H diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22 Maret atau bila dihitung mundur maka Ramadhan 2023 tinggal 52 hari lagi.

BACA JUGA:Berikut Lafaz Niat Puasa Senin Kamis, Baca Klik di Sini!

Dalam menentukan awal bulan Ramadhan sendiri bisa menggunakan dua cara atau dua metode yakni menggunakan metode Rukyatul Hilal dan menggunakan metode Hisab.

Berdasarkan SKB 3 Menteri, awal Ramadhan atau awal puasa diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023. Kemudian, Idul Fitri akan jatuh pada 22-23 April. Jika diperhitungkan kembali, apabila Idul Fitri jatuh pada 22 April, maka puasa akan dimulai tanggal 23 Maret 2024 sesuai dengan perhitungan 30 hari puasa Ramadhan.

BACA JUGA:Niat dan Tata Cara Puasa Senin Kamis, Sunah yang Sangat Dianjurkan

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Amanah Alit

Tentang Penulis

Sumber: